News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kuliah Kebangsaan Bertajuk Pancasila

diposting pada tanggal 13 Jul 2017 10.16 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Pusat Studi Kebijakan Publik (PSKP) UIN Jakarta telah mengadakan sebuah kuliah kebangsaan yang bertajuk pancasila dengan tema Membumikan Pancasila Merajut Kebersamaan Menuju Masyarakat Indonesia yang Toleran, Kamis (13/7) mulai pukul 1 hingga 3 sore. Pemateri dalam acara tersebut, ialah kepala unit kerja presiden untuk pembinaan ideologi pancasila Yudi Latief,Ph.D., dengan moderator Ali Irfan. Fasilitas yang diberikan pada kuliah kebangsaan tersebut yaitu sertifikat dan snack.

Perwakilan kepala unit kerja presiden untuk pembinaan ideologi pancasila, Prof. Dr. Haryono mengatakan, menurut buku Dalton, tatanan global merupakan suatu yang menerapkan sistem tidak berkeadilan, ini merupakan salah satu yang dikatakan dalton terhadap Indonesia. “Kampus pun sebagai sarana kolonisasi pemikiran yang mana seluruh ilmu didapat dari kampus dan baik pada saat Kuliah Kerja Nyata (KKN) harapannya adalah menyalurkan pemikiran yang besar tersebut ke masyarakat desa,” ungkapnya.  Prof. Dr. Haryono menambahkan, inilah sebuah konstruksi sosial yaitu pancasila digali dari bumi lalu dibumikan yang tentunya perlu perjuangan dalam hal ini. “Perlu adanya penanaman diasporal di Indonesia yang berarti masyarakat Indonesia yang berpindah ke negara lain dengan harapan dapat menerapkan konsep pancasila dan mengakui bahwa pancasila adalah konsep yang amat baik,” tutupnya.

Mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester 2, Indah Trimuheni mengungkapkan, di Indonesia demokrasi sudah terpeleset bukan kebablasan. “Yang mana terpeleset di sini diartikan bahwa sudah ada beberapa golongan yang memaknai dan menerapkan demokrasi ini untuk kepentingan individu atau kelompok saja bukan untuk umum,” tutur Indah. Indah berharap, pancasila dapat tertanam di hati maupun jiwa warga negara Indonesia yang toleran dan berbudi pekerti yang baik.

Radhina Rifa Muthiah

Comments