News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Kurangnya Minat Baca Koran di Kalangan Mahasiswa

diposting pada tanggal 14 Des 2017 15.23 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Sebagai mahasiswa tentu kita dituntut untuk banyak membaca agar berwawasan luas. Selain itu minat kesadaran dalam membaca nyatanya harus dibentuk pada diri pribadi karena saat ini minat membaca di kalangan mahasiswa sangat rendah yang disebabkan oleh banyak faktor.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam semester lima, Agie Anditia Felangie menuturkan dirinya sangat jarang dalam membaca koran, hal ini disebabkan menurutnya untuk membaca dan mengetahui berita dapat diakses melalui internet. Agie menambahkan sebaiknya ada mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk membaca koran agar minat mahasiswa dalam membaca koran dapat tumbuh.

“Memang tidak mudah untuk membuat mahasiswa rajin membaca, apalagi membaca koran. Karena membaca merupakan kebiasaan yang terbentuk sejak dini. Tapi walaupun begitu tidak ada salahnya jika kita menyisihkan waktu untuk membaca,” tutur Agie.

Sementara itu Mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah semester satu, Muhammad Yusril Fajri Aryadi menuturkan adanya perkembangan teknologi yang pesat memudahkan siapa saja yang ingin mengakses informasi dan berita. Menurutnya hal ini lah yang menjadikan mahasiswa jarang membaca koran karena dianggap repot.

“Dengan adanya smartphone maka dengan mudah dapat mengakses informasi yang dibutuhkan,” tutupnya.

(Seli)

Comments