News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Launching dan Pameran UIN Archery Squad

diposting pada tanggal 10 Des 2017 16.28 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui10 Des 2017 18.00 ]
Para panitia UIN Archery Squad foto bersama usai launching dan pameran panahan

Komunitas panahan mahasiswa UIN Jakarta (Archery Squad)  menyelenggarakan acara launchinng dan pameran UIN Archery Squad pada Jumat (8/12) lalu di Aula Student Center (SC). Acara gratis dan terbuka bagi mahasiswa ini, mempunyai tema yang bertajuk “Tegakkan Sunnah Dengan Memanah” yang bertujuan agar mahasiswa tertarik belajar hal baru dan menegakkan sunnah yang dilakukan Rasulullah yaitu dengan memanah.

Koordinator acara launching dan pameran UIN Archery, Bashori mengatakan Islam sebagai agama yang syamil (lengkap) dan mutakammil (sempurna) juga memperhatikan aspek jasmani umatnya. Allah Swt secara tersirat dalam Al-Qur’an menyuruh umat-Nya untuk juga memperhatikan aspek jasmaninya. Salah satunya memanah adalah olahraga yang menggunakan peralatan seperti busur panah, anak panah, dan target untuk memanah. Belajar Memanah dapat melatih emosi dan fisik untuk meletakkan target pada sasaran.

“Memanah sangat menitik-beratkan keseimbangan tubuh. Maka jika pemanah emosinya tertekan, maka panahan amat mudah tersasar. Secara tidak langsung, olahraga ini melatih manusia untuk tenang dan menstabilkan emosi,” tutur Bashori.

Pada acara launching dan pameran ini, para pengunjung yang datang diberikan pengenalan ilmu seputar memanah dan langsung terjun untuk mencoba memanah di acara tersebut. Bashori menambahkan acara tersebut juga open recruitment  bagi mahasiswa yang tertarik.

Sementara itu, salah satu mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) jurusan Ilmu Hukum, Dodi Setiawan mengatakan, acara tersebut sangat bermanfaat dan menjadi pilihan kegiatan selain akademik yang menguras pikiran. Dengan ikut memanah, ia berharap nantinya menjadi salah satu kegiatan yang membuat pikiran kembali fresh ditambah memanah menjadi salah satu sunnah Rasulullah, menjadikan ajang untuk mendapatkan pahala.

(Shari Ayu)

Comments