News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

LDK Syahid Adakan LKDI Bagi Anggotanya

diposting pada tanggal 15 Mei 2017 15.39 oleh Radio RDK UIN Jakarta
LKDI zona dua antara Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid telah mengadakan kegiatan Latihan Kader Dakwah Istimewa (LKDI) pada Jumat (12/5) hingga Minggu (14/5) kemarin. Kegiatan LKDI ini diselenggarakan di dua wilayah yakni Parung dan Depok. Penentuan lokasi ini dibedakan berdasarkan enam zona kader yang berbeda.

Keenam zona tersebut antara lain zona satu untuk Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Zona dua Fakultas Ushuluddin (FU) dan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom). Zona tiga yaitu Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) dan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH). Zona empat Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) dan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI). Zona lima Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) dan Fakultas Psikologi (Fpsi). Zona enam ialah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK). Pembagian training dengan zona tersebut bertujuan untuk menyesuaikan dakwah dengan jurusan masing-masing.

Ketua LDK Syahid, Mus’ab Izzudin memaparkan bahwa pada tiap zona, pelatihan yang diberikan pun berbeda. Pada zona satu diberikan pelatihan terkait berdakwah dengan berwirausaha dan sebagai ilmuwan. Zona kedua, para kader diberikan kelas khusus yakni menghafal Al-Quran. Pada zona tiga, terdapat kelas peminatan seperti writing, public speaking, entrepreneurship, dan sosial Quran. Zona empat dan enam dititikberatkan pada kegiatan bakti sosial, serta zona lima diberikan pelatihan memanah dan psikologis.

“Tidak ada yang membedakan antara LKDI tahun ini dengan tahun lalu. Kegiatan ini diikuti oleh kader lama dan kader baru. Tak hanya itu, LKDI ini juga masih merupakan dalam rangkaian open recruitment (oprec) LDK Syahid. Saya berharap agar setelah diadakannya LKDI ini, kader LDK Syahid dapat lebih bermanfaat baik di dalam maupun di luar kampus,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Kaderisasi bernama Nabil Asad Al-Quds mengatakan, persiapan acara ini sudah dilakukan sejak Februari lalu, serta diikuti oleh 150 orang peserta yang terdaftar. Terkait kendala, Nabil melanjutkan bahwa sedikit sumber daya manusia yang berkontribusi di dalam kepanitiaan. Ia berharap agar kedepannya kader yang sudah di-training dapat bekerjasama dalam menyukseskan dakwah di kampus.

(Faizah Fitriah)

Comments