News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Lego Dee Jadi Ajang Silaturahmi dan Pembelajaran Maba

diposting pada tanggal 25 Sep 2017 20.07 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa  Inggris (PBI) atau yang biasa dikenal dengan Department of English Education (DEE),  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), kemarin (21/9) baru saja menuntaskan program kerja (proker) tahunannya, yakni menyelenggarakan acara Lego Dee. Acara yang bertempat di Jawa Barat ini diikuti oleh 90 sampai 100 orang mahasiswa baru (maba). Kegiatan yang tak hanya bertujuan untuk saling mengakrabkan maba dengan senior PBI ini, juga menjadi wadah bagi maba untuk mendapat pembelajaran terkait dunia perkuliahan.

Pengurus HMJ PBI, Bella Shinta Maynanda mengaku acara ini bukan hanya sekadar mengakrabkan, namun juga memberikan pembekalan bagi maba guna menghadapi dunia baru, yakni perkuliahan. Dalam pelaksanaannya, Lego Dee menghadirkan pemberian materi terkait jurusan, kiat-kiat critical thinking, dan banyak lainnya. “Pemberian materi ini bertujuan agar maba mengetahui langkah-langkah apa yang dapat mereka tempuh dalam menjalani pendidikan di bangku perkuliahan ini,” ujar Bella. Tak hanya memberi materi, maba juga dilatih untuk kompak dan berbaur dengan senior PBI melalui games edukasi yang disuguhkan dalam acara ini.

Terkait persiapan, Bella mengaku persiapan memakan waktu cukup lama, yakni sekitar dua hingga tiga bulan. “Hal ini juga disebabkan persiapan ini jatuh pada saat libur semester, sehingga panitia banyak yang sedang berada di luar kota,” ungkapnya. “Namun terlepas dari itu, Lego Dee tetap berjalan dengan baik,” sambungnya kembali. Bella berharap dengan kegiatan pembekalan yang dibalut mengakrabkan ini, maba dapat mengetahui terkait kehidupan kampus, dan mengenal PBI secara mendalam.

Mahasiswi PBI semester tiga, Dinda Larasati mengatakan, dirinya yang berstatus maba di tahun lalu dapat merasakan manfaat dari pembekalan yang ia peroleh saat mengikuti Lego Dee di tahun sebelumnya. “Sejujurnya acara ini amat bermanfaat, karena kita sebagai maba dapat memahami seluk beluk kehidupan kampus dengan pemberian materi dalam acara tersebut,” pungkas Dinda.

(Faizah Fitriah)

Comments