News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Libur Semester, Omset Pedagang di Pesanggrahan Menurun

diposting pada tanggal 22 Feb 2016 08.49 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Beberapa warung makan di Pesanggrahan atau sapaan khas mahasiswa UIN Jakarta adalah pintu doraemon,  masih tetap berjualan walaupun di hari libur karena masuk dalam libur akhir semester. Bahan-bahan yang dijual pun sama seperti hari biasanya, hanya saja porsinya lebih sedikit. 2 bulan merupakan waktu yang lama bagi pedagang untuk libur berjualan. Dengan tujuan meningkatkan perekonomian keluarga, pedagang tetap buka.


Masuk kuliah di semester baru, tinggal menghitung hari yang mana sebelumnya mahasiswa sudah hampir memasuki waktu selama 2 bulan libur panjang. Namun grafik suasana kampus masih naik turun, terkadang sepi dan  terkadang ramai. Hal ini membuat para pedagang yang berlokasi di Pesanggrahan, mengalami pendapatan yang menurun. 

 


"Pendapatan berkurang saat liburan ini, untuk mengatasi agar tak rugi, sehingga harus ada siasat dengan mengurangi jumlah modal dan dagangan yang dijual," ungkap salah satu pedagang di Pesanggrahan Agus.

Agus menambahkan, agar keuntungannya tetap seimbang ia harus menjual dagangannya ketempat lain.

 

"Keuntungan hasil foto copy berkurang karena biasanya jika perkuliahan sudah aktif, tokonya ramai oleh mahasiswa yang hendak memfotocopy dan membeli alat tulis," ujar salah satu pengusaha foto copy Bayu.


(oleh :  Siti Ulfiatu Nursa’adah)


Comments