News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Lika-Liku Mahasiswa dalam Mendapatkan Beasiswa

diposting pada tanggal 11 Feb 2018 07.34 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui16 Feb 2018 05.33 ]

Banyak alasan dan motivasi mahasiswa untuk mengikuti dan mendapatkan beasiswa, mulai dari ingin membantu orang tua dalam pembiayaan kuliah, memotivasi diri untuk meningkatkan prestasi,  ingin kuliah di luar negeri tanpa biaya sendiri, dan masih banyak lagi. Apalagi saat ini banyak  program pemerintah, lembaga swasta, dan kampus-kampus yang mengadakan beasiswa dalam jumlah banyak. Namun, mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah.

Seperti yang dirasakan penerima beasiswa Baranusa, Nuraiani mengatakan, untuk bisa mendapatkan beasiswa harus melalui tahap demi tahap. Mulai dari megikuti seleksi dengan tahapan yang sulit, membuat essay, social project, proposal hidup dan lain sebagainya. Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) ini menambahkan jika ingin mendapatkan beasiswa harus tahu informasi dan mencari kesempatan sebanyak banyaknya, karena kesempatan untuk mendapatkan beasiswa sangatlah tebuka lebar, hanya saja mahasiswa yang harus lebih giat untuk memperolehnya.

“Hal utama yang diperlukan adalah usaha dan doa, serta meminta restu kedua orang tua agar dilancarkan dalam memperoleh beasiswa,” ujar Nur.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) jurusan Ekonomi Syariah, semester dua, Muthmainnah mengatakan sangat mengapresiasi kepada mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa karena sangat memotivasi untuk lebih berprestasi. Muthmay juga mengatakan, sebagai mahasiswa yang mendapatkan beasiswa, agar uang yang diberikan tidak disalah gunakan karena sebagai penerima beasiswa, mempertahankannya cukup sulit.

(Alya Safira Azizah)

Comments