News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Lisensi Gelar Kajian Perdana Bank Wakaf

diposting pada tanggal 20 Mar 2017 11.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Penyampaian materi oleh pembicara Karsi

Lingkar Studi Ekonomi Syariah (Lisensi) adalah sebuah Lembaga Semi Otonom (LSO) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta. Senin (20/3), LSO yang bergerak di bidang ekonomi ini bekerjasama dengan Islamic Economic Forum for Indonesia Development (ISEFID) menggelar kajian perdana bertajuk Kajian Perdana Lisensi (Karsi)”. Kajian yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini bertempat di teater lantai dua gedung FEB.

Pada kajian ini, tema yang diangkat ialah Bank Wakaf, “Revolusi Pengelolaan Wakaf”. Salah satu pemateri pada Karsi adalah dosen FEB, Dr. H. Moch. Bukhori Muslim Lc., MA. Karsi dihadiri oleh sekitar 100 orang yang kebanyakan berasal dari mahasiswa FEB dan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Ketua pelaksana, Abyan Naufal Asyhar mengutarakan alasan yang mendasari digelarnya Karsi yakni sebagai penanda awal dan pembuka bahwa Lisensi memiliki kajian di tiap minggunya. Abyan berujar, tema yang diangkat pada Karsi merupakan ide dari Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI), yang bertujuan memberitahu masyarakat terkait perlunya bank yang menghimpun seluruh dana wakaf dalam satu pengelolaan.

Selain itu Abyan menambahkan, Karsi juga membahas segala hal seputar ekonomi Islam, ekonomi kontemporer, dan fiqih muamalah. “Intinya, kegiatan Karsi ini sebagai dakwah ekonomi Islam,” tegas Abyan. Lebih jauh ia mengungkapkan, sejauh ini terdapat mahasiswa dari semester dua hingga semester delapan yang tergabung dalam Lisensi. Dirinya berharap agar setelah dilangsungkannya Karsi, ilmu yang diberikan dapat diamalkan dan membangun kesadaran masyarakat bahwa kehadiran Bank Wakaf itu penting.

Wakil koordinator Pengembangan Sumber Daya Insani (PSDI), Dwi Ratna Sari mengatakan bahwa jumlah peserta yang hadir melebihi target. “Semula, target peserta hanya 60 orang, namun yang hadir sekitar 100 orang,” jelasnya. Dwi melanjutkan, nantinya Lisensi akan mengadakan Kajian Mingguan Lisensi (Kamil) dan diakhiri dengan kajian besar bernama kajian penutup. Terkait persiapan, Dwi mengatakan bahwa Karsi sudah dipersiapkan sejak dua minggu yang lalu.

“Semoga Karsi dapat menarik minat mahasiswa, khususnya mahasiswa FEB dan FSH mengingat mereka mempelajari dunia ekonomi, maupun mahasiswa UIN seluruhnya,” tutup Dwi.

(Faizah Fitriah)

Comments