News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Louis Leon : Agama Merupakan Aturan Utama

diposting pada tanggal 11 Apr 2017 17.56 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Prof. Louis Leon Christianns memberikan kuliah umum

Fakultas Syariah dan  Hukum (FSH) UIN Jakarta, Selasa (11/4), mengadakan kuliah umum di teater lantai dua FSH dari pukul 08.30 hingga 12.30 WIB yang di hadiri oleh 57 orang mahasiswa dan dosen. Mengusung tema “European Laws Facing Religions and Islam in Family Law and Economy Law, kuliah umum diisi oleh Prof. Louis Leon Christianns yang juga merupakan alumni Universite Catholique de Louvain, Belgium. Acara ini membahas tentang hukum yang ada di eropa dalam menghadapi agama dan Islam dalam hukum keluarga dan hukum ekonomi.

Prof. Louis Leon Christianns dalam materinya mengatakan, norma  adalah aturan yang mana ada analisis berbau sosiologi dan akhirnya membantu hukum bisa menjadi seperti apa. Dengan adanya  contoh perbedaan model hukum di negara Eropa yang basis agama disana dominan menganut agama Katolik, maka tidak ada hukum keluarga yang lepas dari pengaruh agama. “Agama merupakan aturan utama, yang kemudian  diambil menjadi hukum negara,” katanya.

Salah satu Dosen FSH, Dr. Muchtar Ali menuturkan materi yang dibahas adalah mengenai bagaimana hukum yang ada di Eropa, khususnya juga bagaimana hukum dalam melindungi para  janda yang mempunyai anak tetapi minim dalam segi ekonomi. Masyarakat disana yang dominan menganut agama katolik ternyata turut membantu mendanai dan menanggung biaya anak yatim.

(Seli Nursolihat)

Comments