News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

LTTQ Fathullah Buka Pendaftaran Olimpiade Al-Qur’an

diposting pada tanggal 13 Feb 2017 16.13 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Credit : google

Lembaga Tahfizh dan Ta’lim Al-Qur’an (LTTQ) Fathullah UIN Jakarta, kembali menggelar olimpiade Qur’an jilid 2 se-Indonesia yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 2014. Acara yang akan digelar pada 21-23 April tersebut bertema “Meraih Cita Menggapai Cinta Bersama Al-Qur’an” dengan hadiah total puluhan juta rupiah dan hadiah utama berupa paket umroh.

Sekretaris olimpiade Qur’an jilid 2, Nurlatifah mengatakan, perlombaan tahun ini memiliki beberapa cabang lomba yakni lomba menghafal Qur’an atau Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), membaca Qur’an atau Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), pemahaman Qur’an atau Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), puitisasi terjemahan Qur’an atau Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ), dan kaligrafi atau Musabaqah Khattil Qur’an (MKQ).

Nurlatifah menjelaskan, untuk MHQ terdapat dua jenis perlombaan yaitu hafalan juz 30 dan juz 15 dan MTQ dibagi menjadi putera dan puteri. Nurlatifah menambahkan, sasaran peserta lomba ini memiliki perbedaan dari 2014. “Pada 2014, lomba ditujukan untuk kalangan mahasiswa, sedangkan sekarang ditujukan untuk para santri setingkat aliyah, dengan tambahan diperbolehkan untuk mahasiswa dengan batas usia 19 tahun,” paparnya. Dirinya juga menerangkan, khusus untuk MHQ, rentang usia pesertanya adalah 15-20 tahun. Selain itu, setiap peserta hanya boleh mengikuti satu cabang lomba dan untuk cabang lomba regu atau tim harus berasal dari satu pesantren yang sama.

Selaras dengan pernyataan Nurlatifah, ketua pelaksana olimpiade Qur’an jilid 2,  Aldi Syarifullah mengungkapkan, pendaftaran lomba memiliki dua jalur yaitu online dan offline. “Untuk jalur online, pendaftaran dimulai sejak 13 Februari hingga 13 Maret. Sedangkan untuk jalur offline, pendaftaran dimulai 13 Maret sampai 10 April,” ujar Nurlatifah. Dirinya menambahkan, saat pendaftaran offline dimulai, akan dibuka stan di halaman Masjid Fathullah. Mengenai biaya pendaftaran, registrasi dibagi berdasarkan perlombaan. Lomba MHQ, MSQ dan MTQ Rp 100.000 sedangkan untuk MSQ dan MFQ Rp 150.000. “Biaya pendaftaran bisa dikirim melalui bank yang telah ditetapkan,” tutupnya.

(Fathur Alfarizi)

Comments