News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Madrasah Relawan Berikan Barnusa Bagi Mahasiswa Berprestasi

diposting pada tanggal 25 Jan 2018 05.20 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Pemberian Barnusa Oleh Madrasah Relawan

Saat ini di Indonesia, sosok pemuda sudah tidak lagi dipandang sebelah mata. Masa muda adalah masa emas, di mana tenaga yang dimiliki masih besar, idealisme yang tinggi dan potensi yang luar biasa. Untuk itu, Madrasah Relawan memberikan Beasiswa Relawan Nusantara (Baranusa) bagi mahasiswa yang berprestasi untuk beberapa universitas, salah satunya UIN Jakarta.

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), jurusan Gizi Masyarakat, Diska mengatakan, dirinya sangat bersyukur karena diberi kesempatan mendapatkan Baranusa ini. Ia termasuk sebagai salah satu dari 31 mahasiswa berprestasi yang terpilih untuk mendapatkan Baranusa. Program beasiswa ini diadakan setiap tahunnya dengan tujuan menjadi pecutan semangat mahasiswa untuk terus berprestasi. “Saya mengetahui informasi beasiswa dari seorang rekan melalui aplikasi messenger WhatsApp. Tujuan diberikannya beasiswa ini untuk mencetak pemuda yang siap menebar manfaat dan dapat membantu ummat seluas-luasnya,” ungkapnya. Gadis berkacamata ini mengaku suka terjun langsung menjadi relawan, karena itu adalah hal baru baginya. “Saya mempunyai niat untuk bisa bermanfaat bagi sesama dan akan menjalaninya dengan sepenuh hati,” tutupnya.

Mahasiswa Fakultas  Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), semester satu, Fina Fauziah mengatakan, lembaga yang memberi beasiswa untuk mahasiswa berprestasi patut diberi apresiasi, karena sekarang tak sedikit mahasiswa berprestasi yang kurang mampu. Sehingga kuliah mereka harus terhenti atau mengambil cuti untuk mengumpulkan biaya kuliah.      Fina mengungkapkan, dirinya ingin sekali mengikuti program beasiswa tahun ini karena ingin mengurangi beban ekonomi keluarga di kampung. “Saya sudah berusaha meningkatkan Indeks Prestasi (IP) agar bisa mengikuti program beasiswa. Semoga tahun ini bisa mendapatkan beasiswa semester penuh dan mendapatkan uang tunjangan dari lembaga terkait,” harapnya.

(Syifa Nurisnaini Kaltsum)

Comments