News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mahasiswa Keluhkan Tenggat Waktu Pembayaran Semester

diposting pada tanggal 17 Jan 2018 10.06 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui17 Jan 2018 10.07 ]
Imbauan Pembayaran Uang Semester dan Pengisian Kartu Rencana Studi (KRS)

Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau uang semester merupakan hal penting bagi mahasiswa yang akan melanjutkan ke semester berikutnya di masing-masing universitas. Tak terkecuali mahasiswa UIN Jakarta. Pihak pusat universitas telah memberikan waktu untuk membayar dari 8  Januari sampai 26 januari 2018. Namun ada beberapa keluhan dari mahasiswa yang merasa masih belum mampu untuk melakukan pelunasan uang semester.

Staf Layanan Akademik, Chairul Fahri mengatakan, apabila terdapat mahasiswa yang membayar lewat  batas waktu yang telah ditentukan, maka akan dikenakan denda sekitar 10-20%, yakni maksimal denda berkisah Rp. 40.000,00. “Sebaiknya sebelum masa pembayaran selesai, lapor  ke Wakil Dekan (Wadek) II dan bagian keuangan guna menjelaskan alasan ketidaksanggupan membayar tepat waktu disertai dengan membawa bukti-bukti yang jelas. Setelah itu, membuat perjanjian bermaterai,” jelasnya. Chairul melanjutkan, mahasiswa juga harus menjelaskan kapan waktu kesanggupan untuk melakukan pembayaran setelah disepakati oleh Wadek II. “Nantinya mereka akan diberikan surat pengantar, yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh bagian keuangan,” sambungnya. Menurutnya, apabila dalam satu semester tidak melakukan pembayaran, maka status mahasiswanya secara otomatis menjadi tidak aktif, dan akan kembali aktif jika dilunaskan di semester berikutnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), jurusan Jurnalistik semester satu, bernama Adam Haidar mengatakan, biaya kuliah yang masih ditanggung orang tua, sementara ia sendiri masih merasa belum sanggup untuk membayar di estimasi waktu yang telah ditentukan. Haidar berharap kepada pihak kampus yang berwenang terkait masalah UKT agar ke depannya dapat memberikan informasi yang lebih jelas. “Jangan hanya memberikan batasan waktu, tetapi juga  memberi solusi dan informasi yang terperinci,” pungkasnya.

(Shifa Firdausi Ubaisilfa)

Comments