News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mahasiswa Peringati Hari HIV dan AIDS Sedunia

diposting pada tanggal 1 Des 2016 09.09 oleh Radio RDK UIN Jakarta

1 Desember merupakan hari HIV dan AIDS sedunia. Berbagai komunitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) memperingatinya dengan memakai pita merah dan berorasi untuk pencegahan hiv dan aids di Indonesia. Tidak ketinggalan, sekelompok mahasiswa dan mahasiwi UIN Jakarta, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) mengadakan diskusi mengenai hiv dan aids beserta pencegahannya. Mengusung konsep sederhana tanpa rencana sebelumnya, diskusi berjalan lancar dengan melibatkan 10 mahasiswa yang tengah santai di ruang wifi.

Ditemui dilantai 3 gedung FDIKOM, Nursyita mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) mengatakan, ketika Negara-Negara Asia Pasifik mengalami penurunan jumlah terinfeksi HIV/AIDS, Indonesia justru mengalami peningkatan dalam jangka waktu 5 tahun belakang, yaitu 2010-2015. “Sungguh miris dengan negara sendiri,” terangnya. Ia melanjutkan, diadakan diskusi ini untuk sharing bagaimana peran mahasiswa untuk mencegah hiv/aids.

Mahasiswa FDIKOM, jurusan Kesejahteraan Sosial (KESSOS) Lutfi mengatakan, sekarang ini banyak sekali remaja yang sudah terjerat hiv/aids. Dan berkat diskusi ini cukup mencerahkan sekali, setidaknya diri kita menyadari bahwa harus lebih hati-hati dalam bergaul, memilih teman, dan bergaya dalam menjalani hidup.

Menurutnya, jika seseorang sudah tak sadar diri akan sulit untuk dicegah dan sebagai mahasiswa harus selamatkan bangsa ini dengan tidak ikut-ikutan hal yang negatif yang membuat kita terjerumus hiv/aids.


(oleh: Siti Ulfiatu Nursa’adah) 

Comments