News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mahasiswa UIN Jakarta Siap Harumkan Almamater Melalui ENJ

diposting pada tanggal 22 Jul 2017 09.55 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan program yang dimiliki oleh Kementrian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman. Program yang sudah ada sejak 2015 tersebut kembali diadakan dan UIN Jakarta untuk pertama kalinya ikutserta di tahun ketiga ENJ ini dengan mengutus 19 orang mahasiswa gabungan semester 6 dan 8.
ENJ adalah sebuah program yang mana pemuda Indonesia diajak untuk mengenal lebih jauh tentang laut Indonesia melalui penjelajahan ke pulau-pulau di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Demi melepas keberangkatan ke-19 mahasiswa UIN yang dilakukan Jumat (21/7), maka Kementerian Kemaritiman bekerjasama dengan tim ENJ UIN mengadakan kuliah umum “Peran Pemuda Dalam Menyongsong Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia” di ruang Diorama.

Kemenko bidang Kemaritiman, Suhendar mengatakan, keberangkatan akan menggunakan kapal perintis untuk tingkat mahasiswa serta kapal dewa ruci untuk tingkat pelajar. “Keberlangsungan kegiatan ini yaitu 10 hingga 21 hari dan nantinya kegiatan juga akan melibatkan masyarakat lokal di pulau-pulau yang dituju,” paparnya. Suhendar mengaku, ENJ diikuti oleh 1000 mahasiswa dari 40 universitas, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia. “Terkait kriteria peserta yang terpilih, yang utama adalah keinginan untuk bekerjasama dengan tim yang ada, mau mengabdi untuk negeri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, serta tentunya mempunyai fisik yang sehat,” ujar Suhendar. Namun, penyeleksian sendiri dilakukan oleh pihak rektorat masing-masing universitas.
Tak sampai disitu, Suhendar juga mengungkapkan, meski tidak ada pembekalan secara khusus mahasiswa yang mengikuti ENJ akan diberikan pengarahan oleh supervisor mereka terlebih dahulu sebelum diturunkan ke masyarakat. Ia berharap, agar para pemuda dapat memperoleh wawasan baru tentang bagaimana kondisi laut Indonesia serta potensi yang dimilikinya.

Ketua divisi acara sekaligus peserta, Gatra Rialdy Putra memaparkan, UIN Jakarta mendapat tempat ekspedisi ke wilayah timur Indonesia, tepatnya di desa Duluh Laut, Maluku. “Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan nantinya berupa pemberian pendidikan dan keagamaan serta pembangunan infrastruktur, karena tujuan ENJ sendiri yaitu ingin mengenalkan potensi wisata yang dimiliki kepada masyarakat dan memberdayakan ekosistem di desa tersebut.
Tak hanya itu, Gatra mengaku, disebabkan waktu kegiatan ini bertepatan dengan praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN), maka kegiatan ini diintegrasikan dengan KKN bagi peserta mahasiswa semester 6. Gatra berharap semoga tujuan ENJ bisa terwujudkan serta desa-desa tersebut bisa mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat luas.

Faizah Fitriah
Comments