News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mahasiswa UMY Lakukan KKL Ke UIN Jakarta

diposting pada tanggal 1 Feb 2018 17.19 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semester empat melakukan kunjungan dalam rangka kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di UIN Jakarta, Rabu (31/1). Tujuannya adalah agar mahasiswa dapat belajar dari lingkungan yang berbeda dan dapat membandingakan antara lingkungan belajarnya sendiri dengan lingkungan belajar yang lain. Banyak dari mahasiswa UMY yang antusias mengikuti kegiatan ini.

Dosen UMY, Fakultas Agama Islam, jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Konsentrasi Konseling Islam, Siti Bahiroh mengatakan, kegiatan KKL merupakan kegiatan tahunan wajib. Peserta KKL kali ini sebanyak 186 mahasiswa semester empat, yang terdiri dari Konsentrasi Komunikasi dan Konsentrasi Konseling. Tujuan KKL ini dilakukan agar mahasiswa tidak hanya belajar di kalangan sendiri, tetapi juga di tempat lain. Mahasiswa UMY sangat antusias dan senang melakukan kunjungan ini. “Karena pada awalnya juga dapat berkunjung ke Pondok Pesantren Terapi Islam Pecandu Narkoba dan ke Lapas Wanita. Mahasiswa senang karena dapat bertemu langsung dengan warga binaannya,” ungkapnya. Ia merasa senang berkunjung ke UIN sebab ada beberapa hal yang ada di UIN, namun di UMY tidak ada. Sehingga dapat dijadikan acuan pembelajaran mahasiswa. “Kami merasa perlu belajar banyak di  sini, untuk menjadikan mahasiswa menjadi semangat dalam belajar agama. Setelah kegiatan ini selesai, mahasiswa KKL diwajibkan untuk membuat laporan tertulis,” jelasnya.

Mahasiswa kunjungan, Hilmi As’ad mengatakan, kegiatan ini seperti study tour dan Hilmi berharap agar ilmu yang didapatkan dari kegiatan KKL di UIN  ini dapat diterapkan di UMY. Selaras dengan Hilmi, mahasiswa kunjungan lainnya, Nadhifa Rahmah, mengatakan, kunjungan ke UIN Jakarta ini dilakukan agar dapat belajar bertukar ilmu dan agar dapat mengembangkan lagi ilmu-ilmu yang telah diperoleh.

(Anggara Purissta Putra)

Comments