News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Makna Hari Pahlawan Menurut Mahasiswa

diposting pada tanggal 10 Nov 2016 09.24 oleh Radio RDK UIN Jakarta

10 November yang jatuh pada Kamis kemarin merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Saat itu, terjadi Pertempuran Surabaya pada tahun 1945 di mana para tentara Indonesia berjuang melawan Britania raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Banyak hal yang dapat diambil dari kejadian di Surabaya pada pukul 06.00 di Surabaya ini. Berikut, kata mahasiswa maknai hari pahlawan.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK),  Jurusan Pendidikan Biologi semester lima, Hani mengungkapkan, Hari Pahlawan merupakan suatu momentum yang baik untuk mengenang jasa para pahlawan. “Hari ini tepat 10 November masyarakat diingatkan kembali akan perjuangan bangsanya. Berjuang di era sekarang bukan dengan berperang seperti pahlawan terdahulu, tetapi melalui belajar dan bagaimana mengubah Indonesia menjadi lebih baik,” ujar Hani

Sependapat dengan Hani, Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Jurusan Ilmu Perpustakaan semester lima, Aghnaita  mengatakan bahwa perjuangan bangsa Indonesia belum usai.

“Hari Pahlawan bukanlah hari yang hanya diperingati tiap tahunnya. Harus disadari bahwa indonesia masih memiliki perkerjaan rumah yang banyak. Masalah kemiskinan, isu SARA seperti kasus 4 November terkait Ahok pun menunjukkan bahwa bangsa  Indonesia kini bukan berperang melawan negara lain, tetapi negaranya sendiri. Saya berharap agar Indonesia bisa terus melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan memperbaiki kualitas Indonesia di mata dunia,” tutup Hani.


(oleh: Ria Umala Idayanti)

Comments