News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Makna Ibadah Haji Bagi Jamaah Haji

diposting pada tanggal 31 Jan 2016 15.06 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui31 Jan 2016 15.06 ]
Indonesia merupakan negara terbesar, yang tiap tahunnya mengirimkan jamaah haji ke Arab Saudi. Peningkatan pesat begitu terlihat dibandingkan zaman dahulu. Dalam seminar yang diadakan oleh Jurusan Manajemen Dakwah (MD) pada Kamis (28/1), dibahas mengenai makna keberangkatan para jamaah haji tersebut.

Tidak hanya sebatas beribadah, haji juga merupakan perjalanan spiritual bagi jamaah dalam proses penyucian diri. Menurut Ketua Dewan Syuro IJABI Pusat, Jalaluddin Rahmat, menunaikan ibadah haji merupakan implementasi rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Jalaludin menambahkan, jika sepulangnya jamaah dari tanah suci malah berperilaku negatif, maka penyucian dirinya gagal.

Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta, Arief Subhan mengatakan, haji tidak hanya perjalanan spiritual, karena ketika melaksanakan ibadah haji, di situ dapat terlihat bagaimana rasa toleransi dan persaudaraan yang sangat besar antar jamaah. Inilah makna lain yang dapat diambil, dan harus dijalankan setibanya di negara masing-masing.

PP Muhammadiah, Syafiq Mugni berharap, umat Islam menjadi umat yang kuat, umat yang menjadi saksi kagungan dan  kebesaran ajaran Allah SAW. Selain itu, tidak terpecah belah dengan banyaknya paham radikal yang ada saat ini. (Desi Eliska)
Comments