News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Maknai Hari Persahabatan Sedunia dengan Sambung Ukhuwah Antar Sesama

diposting pada tanggal 31 Jul 2017 08.38 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Mungkin banyak yang tak menyadari jika 30 Juli diperingati sebagai hari persahabatan sedunia atau International Friendship Day. Kendati demikian, tak sedikit juga mahasiswa UIN Jakarta yang sadar akan momentum tersebut. Untuk itu, demi memaknai hari persahabatan sedunia, anggota Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid memberikan tanggapan tentang bagaimana seharusnya antar sesama umat manusia saling berukhuwah.

Koordinator syiar dan keilmuan, Wahyu Cahyo Sri Gustoro menjelaskan, bahwa persaudaraan atau ukhuwah merupakan ikatan yang di dalamnya memiliki kesamaan visi sehingga persahabatan ini mempunyai ikatan yang kuat dalam berbagai hal, mulai dari saling membantu, saling menghormati dan lain sebagainya. “Islam tidak memandang mana manusia yang mulia atau manusia yang hina, karena sesungguhnya yang membedakan manusia adalah tingkatan iman dan taqwa dalam diri orang tersebut dan hal itu hanya mampu dinilai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’alla,” ungkap Wahyu. Dalam hal ini, islam mengajarkan untuk bersahabat dengan siapa saja asal tidak bertentangan dengan kepercayaan masing-masing.  “Bersahabat tidak mengenal dari suku, adat, ras atau agama mana seseorang tersebut berasal, sebab  seperti terjemahan yang terdapat pada surat Al-mukminun ayat 12 sampai 14 yang mengatakan bahwasanya semua manusia sama-sama berasal dari rahim ibunya,” tutup Wahyu.

Sementara itu, anggota LDK Syahid lainnya, Cahyatun Nisa mengatakan, yang terpenting dalam bersahabat ialah kepedulian untuk saling mengingatkan dalam kebaikan dan saat melakukan kekhilafan. Tak hanya itu, sikap saling toleransi, memahami antar satu sama lain dan saling tolong menolong pun merupakan hal yang penting dalam menjalin persahabatan dengan sesama.

Faizah Fitriah
Comments