News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Manfaat Berdiri Lama Dapat Turunkan Berat Badan

diposting pada tanggal 5 Feb 2018 13.03 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Berdiri saat menunggu lift dapat membakar kalori sebanyak 0,15 kkal per menit

Menurunkan berat badan kerap  menjadi kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang. Tak sedikit trik yang dijalani demi menjadikan tubuh ideal nan sehat. Kegiatan seperti saat menunggu lift, berdiri ketika di dalam bus, di kereta, menanti antrian yang mengharuskan berdiri memang tak menyenangkan. Namun siapa sangka jika ternyata berdiri lama merupakan hal yang dapat menurunkan berat badan?

Melansir dari Kompas.com, peneliti menjelaskan dengan mengganti kebiasaan duduk lama dengan berdirisetidaknya selama enam jam per hari dapat mengurangi kalori sebanyak 54 kkal dengan catatan tidak mengonsumsi makanan. Hal itu setara dengan 2,5kg dalam satu tahun atau 10kg dalam empat tahun. Peneliti menganalisis, hasil dari 46 penelitian terhadap 1.184 peserta yang rata-rata berusia 33 tahun, sekitar 60 persen adalah laki-laki dan memiliki berat badan rata-rata 65 kilogram. Dari data yang dianalisis, berdiri terbukti dapat membakar lebih banyak kalori daripada duduk, yakni 0,15 kkal per menit.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), jurusan Kedokteran semester dua, Inggrid Anggraini mengungkapkan, berdiri lama dapat membakar cukup banyak kalori. “Semestinya tubuh itu perlu banyak bergerak karena selain agar banyak kalori yang terbakar, tulang kita juga lebih kuat,” ujarnya.

Mahasiswa Universitas Diponegoro, Fakultas Kedokteran, jurusan Kedokteran Umum semester dua, Aulia Arinindya Sabila menuturkan, berdiri itu membutuhkan energi atau adenosine triphospat (ATP) dan ATP itu dihasilkan melalui berbagai macam proses metabolisme. “Ketika berdiri, kalori kita lebih banyak terkuras dibandingkan duduk. Tetapi kalau melakukan olah raga atau kegiatan berat lain, kalori akan lebih banyak lagi yang keluar. Kalau kalori sangat banyak terbuang, bisa memungkinkan untuk menurunkan berat badan,” jelasnya.

(Shifa Firdausi Ubaisilfa)

Comments