News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Manfaat dan Hikmah Air Hujan

diposting pada tanggal 17 Nov 2016 08.05 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Ilustrasi (foto dari google)


Beberapa pekan terakhir, wilayah Jabodetabek selalu diguyur hujan setiap hari. Hujan yang biasa turun di sore hari ini, membuat segelintir orang  merasa terganggu aktivitasnya. Namun, tahukah anda bahwa hujan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh?

Dilansir dari laman silahkanshare.blogspot.com, hujan bermanfaat untuk menyehatkan dan membuat rambut bersinar, hal itu karena air hujan memiliki kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral. Air hujan juga mengandung H2O2 atau Hidrogen Peroksida, menghilangkan bau amis, dan mampu menghilangkan toksin dalam tubuh. Cara menghilangkan toksin menggunakan air hujan yaitu dengan melarutkan garam kedalam air hujan murni (tanpa terkena genting), lalu rendam kaki selama 15 menit.

Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Jakarta, Kalsum Minangsih mengatakan, hujan merupakan sebuah rezeki dari Allah, oleh karena itu sebagai manusia hendaknya selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan-Nya.

Hujan itu rezeki, karena Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah : 22 bahwa Dia-lah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air dari langit. Lalu Dia menghasilkan dengan air itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui,” tuturnya. Kalsum menambahkan, hujan juga merupakan air yang penuh keberkahan, sesuai dengan firman Allah di Quran Surat Qaaf : 9.


(oleh: Ria Umala Idayanti)
Comments