News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Manfaat RTH Di Area Kampus Bagi Mahasiswa

diposting pada tanggal 17 Jan 2018 08.08 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui17 Jan 2018 09.08 ]
Keberadaan RTH di Kampus 3 FKIK
 Keberadaan RTH di FKIK, Kampus 3

Taman atau Ruang Terbuka Hijau (RTH) di era globalisasi seperti saat ini sangat diperlukan di tempat-tempat umum. Tak terkecuali di area kampus, seperti halnya di Fakultas Kedokteran dan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Kampus 3 UIN Jakarta. FKIK memiliki lahan hijau yang cukup luas, dan tak hanya berfungsi untuk memperindah lingkungan kampus, tetapi juga dapat membuat sirkulasi udara di tempat tersebut menjadi lebih sehat. Selain itu, adanya RTH juga dapat membuat mahasiswa tidak mudah mengalami stres dalam menjalani aktivitas di kampus.

Mahasiswa jurusan Kedokteran semester satu, Nadia Ulfa mengatakan, karena adanya RTH dirinya merasa lebih sejuk saat memasuki kampus dan terlihat tidak gersang. “Adanya RTH ini dapat membuat pikiran lebih fresh dalam menjalani aktivitas di sekitar kampus,” akunya. Nadia juga berpesan agar mahasiswa FKIK dapat menjaga yang sudah ada, dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman. “Karena menurut saya, keberadaan RTH di kampus sudah cukup bagus. Jadi sayang apabila ada yang merusaknya,” imbuhnya.

Senada dengan Nadia, mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas), semester tujuh yang enggan disebutkan namanya menuturkan, dirinya cukup bangga karena mahasiswa dan staff di lingkungan kampus tiga dapat menjaga lahan hijaunya dengan baik. “Saya juga berharap agar kampus satu, dua dan empat bisa seperti ini, yaitu memiliki RTH yang luas. Sehingga mahasiswa dapat menjalani aktivitasnya dengan baik dan tidak mudah jenuh,” harapnya.

(Anggara Purissta Putra)

Comments