News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mari Kenali Sifat Nabi dan Rasul untuk Diteladani

diposting pada tanggal 21 Nov 2017 10.35 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Sebagai seorang muslim, wajiblah hukumnya untuk beriman kepada Allah Swt sebagai sang Pencipta. beriman kepada Allah merupakan salah satu rukun Islam pertama. Selain beriman kepada Allah Swt, seorang muslim juga patut beriman kepada nabi dan rasul-Nya, sebagaimana tertera dalam rukun Islam ke empat. Jumlah nabi yang wajib diketahui ada 25 nabi. Nabi terakhir yang menjali suri tauladan umat Islam yakni Nabi Muahmmad Saw, beliau merupakan Nabi penutup yang wajib diimani oleh muslim. Rasulullah Saw menjadi manusia paling sempurna karena akhlak dan perbuatan yang mulia,  serta sifat dan ciri kenabian yang dimiliki. Sifat - sifat tersebut patut untuk diteladani oleh umat Islam.

 

Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom), mata kuliah Akhlak Tasawuf, Drs.Hamdani, M.A mengatakan, secara khusus Nabi Muhammad Saw memiliki empat sifat wajib yang menjadikannya manusia paling mulia di bumi. Sifat yang dimiliki Nabi Muhammad ada empat yang wajib diteladani. Hamdani menjelaskan, Nabi Muhammad memiliki sifat shiddiq, hal ini beliau terapkan dalam kehidupan sehari-hari Rasulullah, dimana segala perkataan dan perbuatannya selalu jujur dan benar. Selain jujur, Rasulullah juga sangat amanah, beliau merupakan orang yang bisa dipercaya dengan menjalanan amanah dan tidak akan mengikarinya. Maka pada zamannya tidak heran jika penduduk Mekkah selalu mempercayai Nabi Muhammad karena beliau merupakan orang yang terpercaya, bahkan sebelum dirinya diangkat sebagai nabi. Rasulullah juga memiliki sifat tabligh yang berarti nabi selalu menyampaikan wahyu dari Allah. Nabi menerima wahyudari Allah Swt yang kemudian disampaikan kepada umatnya. Nabi Muhammad merupakan seorang yang pintar, cerdas, dan intelektual. Hal ini berarti Nabi Muhammad memiliki sifat fathanah, kecerdasan nabi dapat dilihat melalui kemampuan dirinya menyampaikan dan menjelaskan ayat Al-Qur’an yang berasal dari firman Allah tanpa ada kesalahan dan kekeliruan.


“Sifat-Sifat Nabi dan Rasul tersebut seharusnya untuk menjadi tauladan kita semua, karena Nabi Muhammad merupakan suri tauladan umat islam,” Ujar Hamdani.

 

Mahasiswa Fakultas Ushuludin jurusan Ilmu Tasawuf semester sembilan, Hizaji Ahmad mengatakan, sebagai seorang muslim, tentu sudah mengetahui nama-nama nabi dan rasul. Selain dirumah, di Taman Pendidikan Al-Qur’an dan bangku sekolah, belajar mengenal sifat lain diantanya sabar, qonaah, dermawan, pekerja keras, disiplin, bertanggung jawab, rendah hati, penuh kelembutan dan lainnya.


(Naila Fitri)

Comments