News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Memperingati Hari Lahir Pramoedya Ananta Toer

diposting pada tanggal 6 Feb 2017 09.07 oleh Radio RDK UIN Jakarta
                                       
                                                    Pramoedya Ananta Toer menjadi google doodle di hari jadinya yang ke-92

6 Februari merupakan ulang tahun salah satu sastrawan Indonesia, Pramoedya Ananta Toer. Sastrawan yang telah meninggal 11 tahun lalu ini, dijadikan pihak google sebagai tokoh dalam google doodle. Google doodle merupakan logo google yang dimodifikasi dan ditampilkan pada saat peringatan tertentu. Senin (6/2), google menampilkan Pram -sebutan sastrawan tersebut- sebagai bentuk penghormatan terhadap karya-karyanya.

Bentuk penghormatan tersebut bukanlah tanpa alasan. Founder Komunitas Sastra Pinggiran, Ahmad Fauzi mengatakan, Pram merupakan penulis yang produktif, tegas dalam pendirian, dan membela kaum yang tertindas. “Setiap karyanya merupakan bentuk perlawanan terhadap kesalahan pemerintah. Sesuatu yang sekarang sudah jarang dijadikan cerita oleh sastrawan,” tutur Ahmad. Pram menulis bentuk perlawanan tersebut dalam novel tetralogi Pulau Buru yang di dalamnya terdapat kritik terhadap pemerintah kolonial dan ditulis Pram saat menjadi tahanan politik di Pulau Buru. Hal itulah yang menurutnya menjadi alasan google menjadikannya tokoh yang dihormati.

Pernyataan selaras juga dikatakan oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) semester satu, Muhammad Hafiz. Walau dirinya tidak terlalu mengenal sosok Pram, namun dia merasa bangga karena sastrawan Indonesia dijadikan google doodle. “Melalui karya-karyanya yang sekarang masih diterbitkan, saya berharap akan ada mahasiswa yang meneladani sikap Pram dalam keberanian dan menulis karya sastra,” ungkapnya.

(Fathur Alfarizi)

Comments