News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menanggulangi Banjir Ala Mahasiswa FKIK

diposting pada tanggal 12 Okt 2016 00.04 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Musim penghujan saat ini, tak hanya kota Garut yang diterpa banjir. 9 Oktober lalu, banjir juga menggenangi kabupaten Pangandaran. Selain hujan, ada penyebab lain datangnya banjir. Salah satunya, resapan tanah yang semakin menyempit. Menyikapi hal tersebut, mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) memberikan beberapa tips untuk menanggulanginya.

 

Mahasiswa FKIK jurusan Kesehatan Masyarakat (KESMAS) semester 1, Riska Fitriyah mengatakan, tips pertama yaitu dengan menanam kembali calon pohon baru untuk meresap air. Tips ke-2 yaitu mendaur ulang sampah plastik dengan mengolahnya menjadi kerajinan tangan.

Riska menambahkan, melihat kreasi masyarakat yang semakin berkembang, tak ada salahnya memanfaatkan sampah plastik, meskipun hanya sebagai penghias ruangan.

 

Mahasiswa FKIK lainnya, jurusan Pendidikan Dokter semester 3, Annisa menyebutkan tips ke-3 dengan membersihkan selokan yang terkadang dipenuhi sampah. Menurutnya, selokan menjadi salah satu tempat jalannya air yang masih dipandang rendah oleh kebanyakan orang. “Padahal, semua berawal dari ketidakpedulian masyarakat terhadap hal kecil seperti selokan,” tuturnya.


(oleh: nida muharram kumala sari)

Comments