News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Mengarungi Jeram Sungai Cisadane Bersama KPA Arkadia

diposting pada tanggal 9 Jul 2017 08.31 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Libur semester genap baru saja dimulai, banyak sekali cara mahasiswa dalam menghabiskannya. Mulai dari berlibur, menenggelamkan diri dalam hobi yang digemari, menyibukkan diri dalam pekerjaan part time, maupun menyelesaikan tugas-tugas yang masih tertinggal. Bagi mahasiswa yang menyukai aktivitas alam, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Kelompok Pecinta Alam (KPA) Arkadia menawarkan liburan yang menantang adrenalin bagi mahasiswa. Dilaksanakan 29 Juli mendatang, Fun Rafting KPA Arkadia siap menawarkan keseruan mengarungi jeram sungai Cisadane atas, Caringin, Bogor, Jawa barat.  Hanya dengan membayar Rp 300.000,- peserta dapat merasakan pengalaman berlibur yang menarik, menantang  dan berbagai fasilitas, mulai dari makan siang, transportasi, asuransi, materi arung jeram dan masih banyak lagi.

Ketua pelaksana fun rafting, Siska Ardya Cahyani memaparkan, fun rafting sudah menjadi kegiatan outbond rutin di KPA Arkadia, pemilihan lokasi fun rafting pada jeram sungai Cisadane dinilai tidak sembarangan karena jeramnya yang terkenal menarik dan menguji adrenalin. “Meski fun rafting identik dengan aktivitas menguji adrenalin, bagi peserta pemula tidak perlu khawatir untuk mencoba keseruan fun rafting ini,” himbau perempuan yang akrab disapa Aruna tersebut. Aruna mengatakan, sebelum pengarungan, akan ada penyampaian sekilas materi tentang arung jeram mulai dari teknik mendayung yang benar, hingga apa saja yang harus dilakukan apabila terjatuh dari atas perahu. Tak perlu khawatir, aruna meyakinkan akan selalu ada tim rescue yang bersiaga sepanjang bantaran sungai untuk mengawasi jalannya arung jeram. “Semoga kegiatan rafting ini dapat bermanfaat, menjadi lebih familiar dan diminati masyarakat seperti halnya aktifitas mendaki gunung,” harap Aruna.

Ketua umum KPA Arkadia, Adnan Sulistyo memaparkan, fun rafting adalah salah satu kegiatan menantang dan menguji adrenalin serta melatih kekompakan yang tidak bisa didapatkan di kota-kota besar. Menurut Adnan, fun rafting adalah wahana roller coaster  alami yang menyuguhkan keseruan dan pemandangan sepanjang aliran sungai. Lelaki yang akrab disapa Tosa ini menghimbau, bagi para peserta untuk tidak perlu khawatir karena KPA Arkadia juga bekerjasama dengan jasa profesional yang rutin melakukan pengarungan di sungai Cisadane. Yang terpenting menurut Tosa, para peserta mengikuti instruksi, mengenali kondisi diri dan senantiasa menggunakan safety gear yang di instruksikan. “Sebaiknya peserta menggunakan alas kaki yang kuat, menyiapkan obat-obatan dan melihat kondisi diri masing-masing selama pengarungan,” ungkap Tosa. Tosa berharap, semoga fun rafting kali ini terlaksana dengan baik, semua have fun hingga akhir kegiatan, mendapatkan manfaat dan jodoh jika beruntung kelakarnya diakhir wawancara. 

Syarifatul Adibah

Comments