News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menghafal Al-Quran Hal Biasa di FDI

diposting pada tanggal 19 Jan 2017 11.44 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui19 Jan 2017 11.46 ]

Bagi mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta, menghafal Al-Quran adalah hal yang biasa. Program menghafal alquran ini bersifat wajib dan mengikat pada seluruh mahasiswa FDI di setiap semesternya. Ujian menghafal alquran terakhir pada semester ini dilakukan pada Kamis-Jumat (19-20/1).

 Staf bidang akademik, Warti menuturkan bahwa yang  disampaikan kepada mahasiswa FDI tak hanya ilmu dunia, tetapi bekal untuk akhirat juga. “Mahasiswa akan dididik dan diamalkan dengan mendekatkan diri serta menghafal alquran,” jelasnya. Berbeda dengan fakultas lainnya, di FDI menghafal alquran dijadikan sebagai mata kuliah dengan satu semesternya wajib menghafalkan satu juz Al-Quran.

 Mahasiswa FDI semester lima, Shofiyah menjelaskan bahwa dirinya sudah terbiasa untuk menghafal Al-Quran. Menurutnya, waktu yang paling enak dan fresh menghafal ayat suci ialah sesudah sholat subuh dan maghrib. “Setelah sholat subuh dan maghrib, otak dapat merespon dan mengingat dengan baik. Jadi tak masalah bagi saya untuk selalu bersama Al-Quran di setiap waktunya,” ungkap Shofiyah.

(Radhina Rifa Muthiah)

Comments