News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menkes RI : Jangan Takut Untuk Tes HIV/AIDS

diposting pada tanggal 1 Des 2016 08.40 oleh Radio RDK UIN Jakarta
credit: Google

Hari Aids sedunia atau world aids day pada 1 Desember merupakan hari yang diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah Acquired Immune Deficiency Virus (AIDS) yang disebabkan oleh virus Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dilansir dari antaranews.com, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang memperingati hari AIDS sedunia di Surabaya Jawa Timur, mencanangkan gerakan tes HIV untuk masyarakat umum. Gerakan tersebut berupa kampanye peduli HIV/AIDS dengan slogan TOP yang berarti “temukan, obati, dan pertahankan”. “Kami berharap dan menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk tidak ragu ataupun takut dalam melakukan tes HIV, tidak melakukan diskriminasi maupun stigma pada orang yang melakukan tes HIV, dan tidak berprasangka buruk pada orang yang terinveksi HIV,” ujar Nila.

Dokter Rumah Sakit Wonosari Jakarta Timur, Fajar menjelaskan, HIV merupakan penyakit akibat seks bebas ataupun pengunaan jarum suntik secara bergantian. HIV merupakan penyakit yang tidak mudah menyebar. Seseorang tidak akan tertular HIV melalui air liur, gelas yang dipakai bersama, berbagi perlengkapan mandi, ataupun bersin.

HIV bisa menular melalui darah, ibu menyusui, sperma, dinding anus, dan cairan vagina. Oleh karena itu, kita tidak boleh mengintimidasi seseorang yang terkena HIV/AIDS karena HIV/AIDS tidak mudah menular,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta, program studi Kedokteran dan Profesi Dokter, Sarah Hanifah mengatakan, semua elemen masyarakat harus paham mengenai virus HIV/AIDS mulai dari penyebab, pencegahan, serta pengobatan.

“Di era modern seperti sekarang, khususnya kaum muda wajib menjaga pergaulan agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif. Saya berharap agar kaum muda sekarang lebih memperdalam ajaran agama dan merubah pandangan buruk terhadap penderita HIV/AIDS,” tutup Sarah.


(oleh: Ria Umala Idayanti)

Comments