News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menumbuhkan Minat Baca ala Mahasiswa

diposting pada tanggal 15 Nov 2016 08.32 oleh Radio RDK UIN Jakarta
kesibukan mahasiswa di perpustakaan utama..
Suasana perpustakaan utama yang dipadati Mahasiswa dengan berbagai tujuan (15/11)

Menanggulangi minat baca masyarakat Indonesia yang masih terbilang minim, banyak inovasi yang dilakukan seperti pengadaan perpustakaan keliling, perpustakaan dalam angkutan kota (Angkot), gerakan Indonesia membaca, dan lainnya. Tidak hanya masyarakat luar, mahasiswa UIN Jakarta, turut membuka jalan dalam menumbuhkan minat baca. Terlihat semakin banyaknya mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan umum UIN Jakarta. Baik untuk membaca, meminjam, mengerjakan tugas, maupun hanya mengisi waktu kosong.


Seperti yang dilakukan Mahasiswa Dirasat Islamiyah, Semester 3, Hanifah Rafif yang mengaku hanya mengisi waktu luang sebelum kelas. "Sambil nunggu kelas mulai nanti, engga ada salahnya ke PU" ungkapnya saat ditemui di ruang perpustakaan utama (PU) lantai empat (15/11). Menurutnya, keisengan mahasiswa untuk mengunjungi Perpus meski hanya sekedar 'mampir. Berawal dari iseng, tambahnya, bisa menumbuhkan secara perlahan kecenderungan untuk rasa nyaman di PU. Nah, jika sudah nyaman, siapa tahu penasaran untuk baca” tambahnya.


Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), semester satu, Nur Haliza melakukan hal yang sama dengan mengunjungi perpustakaan dalam menumbuhkan minat bacanya. “Saya harap setiap mahasiswa mampu melakukan hal yang sama, bahkan dapat lebih mendobrak angka presentatif pertumbuhan minat baca masyarakat Indonesia” ujarnya.

(oleh : Nida Muharram Kumala Sari)

Comments