News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menwa Kirim 10 Anggota Baru Untuk Diksarmil

diposting pada tanggal 15 Feb 2017 09.08 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) akan mengirim 10 anggota barunya atau yang biasa disebut calon anggota Menwa (camen), untuk melakukan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) 17 Februari mendatang. Pelaksanaan Diksarmil akan dilaksanakan di dua pilihan tempat, yakni Rindam Jaya atau di Marinir.

Sebelumnya, para camen sudah melalui tahap pertama yakni orientasi keMenwaan. Pada tahap ini, para camen sudah mendapat pengesahan di tingkat universitas. Lalu selanjutnya, 10 orang yang nantinya akan mendapat pembekalan militer akan dikirim untuk Diksarmil di Rindam Jaya atau di Marinir. Pada tahap kedua, para camen nantinya akan mendapat pengesahan di tingkat Nasional.

Komandan pleton (danton), Hendraky Fernanda Aulia menyatakan, Diksarmil ini bertujuan agar para camen mendapat segala ilmu dasar terkait dunia militer. Pada dasarnya, ilmu tersebutlah yang nantinya akan diaplikasikan di Menwa. “Diksarmil diadakan dua sampai tiga kali dalam satu tahun yang harus diikuti oleh para camen,” ujar lelaki yang kerap disapa Hendra ini.

Kendati kegiatan yang wajib diikuti hanyalah orientasi keMenwaan dan Diksarmil, Hendra juga menambahkan bahwa terdapat kursus-kursus bagi para staff UKM Menwa, antara lain kursus kader pelaksana (suskalak), kursus kader pemimpin (suskapin), kursus pelatihan nasional (suspelatnas), kursus menembak mahir (susbakhir) dan lain sebagainya. Keseluruhan kursus tersebut tidak dikenakan biaya, sebab tujuan dari kursus tersebut adalah untuk menopang kinerja  staff Menwa agar dapat maksimal.

Selain itu, Hendra tak lupa mencurahkan harapannya bagi calon peserta Diksarmil untuk serius dan fokus pada kegiatan tersebut karena nantinya, ilmu yang didapat dari Diksarmil akan terpakai saat menjadi staff anggota, unsur pelaksana, unsur pelayan, dan unsur pimpinan.

Kesiapan tengah dilakukan oleh camen, Muhammad Muhtar Efendi. Lelaki yang baru memasuki semester dua ini menuturkan, hal yang paling utama ialah kesiapan mental. Baginya, mental yang siap akan diikuti oleh fisik yang kuat. “Meskipun latar belakang saya berasal dari anggota pramuka, saya sangat yakin dan mantap terhadap pilihan untuk bergabung di UKM ini,” ungkap Muhtar.

(Faizah Fitriah)

Comments