News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menwa Langsungkan Pendidikan dan Pembaretan “Darma”

diposting pada tanggal 15 Mei 2017 15.57 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Calon Menwa sedang mendirikan tenda di helipad

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) baru saja melangsungkan kegiatan Latihan Pemantapan (Latap) dan Pembaretan pada Jumat (11/5) hingga Minggu (14/5). Kegiatan ini bertempat di Gunung Bunder Jawa Barat dan diikuti oleh enam orang anggota muda yang di antaranya adalah empat orang lelaki dan dua orang perempuan.

Pendidikan ini merupakan pendidikan yang dilewati oleh calon Menwa (camen) setelah sebelumnya melewati orientasi kemenwaan dan pendidikan dasar (diksar). Komandan Sirojudin Athar mengungkapkan, acara ini sengaja dilaksanakan di alam terbuka demi mencapai esensi yang sesungguhnya yaitu menyatu dengan alam. “Mengingat kegiatan mahasiswa yang sebagian besar dihabiskan di kampus maka kegiatan di alam terbuka dirasa tepat untuk menyegarkan kembali pikiran camen,” ungkapnya.

Terkait persiapan, Athar mengatakan sudah dipersiapkan sekitar dua hingga tiga bulan lalu. Dirinya berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja anggotanya. Terkait nama pendidikan, Athar mengatakan bahwa nama yang diusung yaitu darma yang berarti mengabdi dan dapat teraplikasikan. Yakni mengabdi pikiran dan tenaga dengan sepenuh hati untuk orang tua dan negara.

Tak sampai disitu, pembina internal dan alumni Menwa, Harisman S.Th.I juga mengungkapkan bahwa Latap ini juga bertujuan untuk me-review kembali materi-materi kemenwaan serta memantapkan ilmu-ilmu tersebut dengan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan. Sementara pembaretan bertujuan untuk menyatukan tiap angkatan agar memiliki visi yang sama dan tidak tercerai berai. Acara pembaretan dilangsungkan pada Minggu (14/5). Harisman berharap agar ilmu keprajuritan dan ilmu kemahasiswaan para anggota dapat dipergunakan sehingga menjadi cikal bakal seorang Menwa.

(Faizah Fitriah)

Comments