News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Menwa Latih Maba Upacara 17 Agustus dan PBAK

diposting pada tanggal 2 Agt 2017 10.38 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Situasi maba sedang latihan di parkiran SC

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) UIN Jakarta, melatih 64 mahasiswa baru (Maba) sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk tampil pada upacara 17 Agustus dan pembukaan Pengenalan Budaya dan Akademik (PBAK). Kegiatan dilakukan sebagai sebuah tradisi dalam menyambut maba agar persiapan matang. Pelatihan sudah dilakukan sejak minggu lalu bertempat di parkiran Student Center (SC).

Satuan tugas (Satgas) paskibra, Mira Susanti mengungkapkan, melatih maba melalui cara perekrutan yang memiliki pengalaman organisasi di sekolah asalnya. Hal ini dilakukan untuk meyambut maba guna memberikan pengalaman dan kebanggaan sebagai anggota paskibra. “Maba tidak hanya berasal dari organisasi paskibra disekolahnya, tetapi terdapat juga maba yang berasal dari organisasi lain seperti Organisasi Intra Sekolah (Osis), pramuka dan lainnya,” papar Mira.

Mira juga mengatakan, pelatihan dilakukan setiap Senin hingga Jumat dari jam 7 pagi hingga 3 sore. Hal ini bertujuan untuk upacara pembukaan PBAK, paskibra akan membentuk formasi UIN  17 yang akan dibentuk oleh 59 mahasiswa yang merupakan maba pilihan yang dinyatakan lolos. “Untuk upacara 17 Agustus memerlukan 10 orang perangkat upacara dan akan dikukuhan oleh rektor UIN Jakarta pada 15 Agustus mendatang,” jelas Mira.

Maba Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) jurusan Ilmu Keperawatan, Bachrululum mengaku, alasan mengikuti paskibra agar lebih dahulu mengetahui kakak tingkat, teman-teman dari fakultas lain dan mengetahui tentang lingkungan kampus lebih awal dari maba yang lain. Ulum juga mengaku, dirinya mengikuti organinasi pramuka ketika sekolah. “Namun, hal itu bukan penghalang untuk mengikuti latihan paskibra, karena pada kegiatan pramuka juga diajarkan tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB),” kata Ulum. Ulum berharap, semoga silaturahmi terus terjaga walaupun sudah tidak menjadi anggota paskibra PBAK.

Naila Fitri

Comments