News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Milad ushuluddin Adakan Lomba MTQ

diposting pada tanggal 2 Nov 2017 13.05 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Salah satu peserta MTQ sedang mengaji

Perayaan milad Fakultas Ushuluddin ke-55 rupanya diperingati dengan berbagai perlombaan yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin. Dengan rangkaian acara lomba yang dimulai dari tanggal 31 Oktober hingga 7 November mendatang, perayaan ini mengusung tema “Ushuluddin Sebagai Khazanah Keislaman dan Keindonesiaan”. Perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pun diadakan pada Kamis (2/11). Acara yang dimulai dari pukul 10.00 WIB ini bertempat di lobby Fakultas Ushuluddin dan diikuti oleh 35 peserta.

Ketua pelaksana Ahmad Ashlan Dadu menuturkan, rangkaian acara lomba milad ushuluddin yaitu perlombaan catur, futsal, musabaqoh tilawatil quran, qiroatul kutub, temu sharing alumni, dan pameran seperti kaligrafi dan tokoh Islam yang akan dilaksanakan pada Selasa (7/11) mendatang. Ashlah mengatakan kendala yang dialami menyangkut teknis dan kepanitiaan. Ia menyebutkan adanya 35 orang peserta dari berbagai universitas Jabodetabek

“Semoga acara ini kedepannya semakin banyak lagi yang ikut andil dalam perlombaan seni tilawah demi mensyiarkan Islam dan Al-Quran,” tutur Ashlan.

Peserta lomba Faishal Azizi, mengaku dirinya selalu ikut serta dalam perlombaan MTQ. Selain mengasah kemampuannya juga dapat mengetahui ternyata banyak lagam (bacaan) yang dapat di tilawahkan dengan berbagai tingkatan nada. Faishal menuturkan menjaga kesehatan khususnya suara dengan tidak makan gorengan dan minum es, yang dapat menyebabkan tenggorokan menjadi serak.

“Dalam perlombaan menang kalah tentu menjadi hal yang lumrah, tapi bagaimana cara kita menyikapi diri untuk tetap menjaga keutuhan alquran terkhusus tilawah,” harap Faishal.

(Seli Nursolihat)

Comments