News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Nonton Bareng Jihad Selfie Bersama HMJ PMI

diposting pada tanggal 31 Jan 2017 10.54 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) menggelar acara nonton bareng Jihad Selfie, Selasa (31/1). Acara yang dimulai pukul 10.00-13.00 WIB ini bertempat di Teater Aqib Suminto lantai dua Fdikom dan berlangsung selama tiga jam. Film dokumenter ini menayangkan tentang bagaimana seseorang bisa masuk menjadi anggota Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Ketua Yayasan Prasati Perdamaian sekaligus pembuat film dokumenter, Taufik Adrie menyatakan, kebanyakan orang yang mengikuti golongan ISIS adalah karena kurangnya perhatian dari lingkungan sekitar. “Banyak juga dari anggota ISIS  merupakan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar agama di middle east. Kemudian karena jenuh, mereka ikut bergabung,” ujar Taufik. Dirinya  menambahkan, perekrutan yang digunakan ialah melalui media sosial seperti facebook. Menurutnya, doktrin yang diajarkan juga sangat keras sehingga membuat seseorang sulit untuk keluar jika sudah bergabung dengan ISIS.

Mahasiswa Fdikom jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) semester tiga, Uswatun Hasanah mengatakan bahwa acara ini sangat bagus serta dapat menambah pengetahuan tentang sosial media, dan sosial media yang disalahgunakan. “Sebagai mahasiswa seharusnya bisa lebih mawas diri agar tidak terjerumus ke dalam lingkaran hitam,” tuturnya.


(Naila Fitri)
Comments