News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

OPAK FKIK: Surat Cinta Sebagai Syarat

diposting pada tanggal 17 Agt 2016 17.58 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Sudah sebulan terakhir, mahasiswa baru (maba) UIN Jakarta dari berbagai jalur, mempersiapkan persyaratan maupun atribut Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK). Baik mengenai pakaian, atribut, ataupun hal lain yang harus dibuat oleh peserta OPAK. Seperti halnya yang dilakukan Fakultas Psikologi, kampus 2 UIN Jakarta. Dalam persyaratan atribut yang tertera, peserta OPAK harus menulis essay tentang psikologi kesehatan dari ilmuwan terdahulu. Selain essay, calon peserta juga harus membuat surat cinta sebagai syarat.

 

Seperti yang dialami maba jurusan Psikologi, Muhammad Rizki Anryan mengatakan tidak ada masalah dalam pembuatannya, mengingat kuatnya jaringan informasi yang ada saat ini. Rizki menambahkan, meski terlihat biasa, membuat surat cinta juga bisa menumbuhkan kreativitas pengkayaan bahasa yang sebelumnya tidak diketahui.

 

Lain hal nya komentar dari maba Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) jurusan Sastra Arab, Faizah Nur Haliza Azzahra menilai sedikit manfaat yang didapat dari menulis surat cinta tersebut. Menurutnya, tidak ada kejelasan fungsi dan kegunaan membuat surat cinta. Faizah berharap, panitia lebih memperhatikan nilai edukasi dari setiap persyaratan OPAK kedepannya.


(oleh: nida muharram kumala sari)

Comments