News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

HMJ PBA Gelar Seminar Nasional ALF

diposting pada tanggal 26 Sep 2016 08.28 oleh Radio RDK UIN Jakarta   [ diperbarui26 Sep 2016 08.36 ]

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) menggelar seminar nasional pekan raya eksplorasi Bahasa Arab se Indonesia,  Al-Arobiyah Lil Funun (ALF 2016) pada 26 September. Acara berlangsung sejak pukul delapan hingga setengah dua siang di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta. Seminar ini merupakan rangkaian acara (ALF 2016) yang akan berlangsung hingga satu Oktober mendatang. Seminar (ALF 2016) kali ini bertemakan, “Pengaruh Bahasa Arab Terhadap Kebudayaan Nusantara dan dihadiri oleh 30 Universitas Se-Indonesia.

 

Panitia (ALF 2016), Muhammad Fadlan Fidafif berkata, peran Bahasa Arab secara historikal dibawa oleh para pendahulu, disebarkan melalui Ajaran Islam, Oleh Wali Songo, Kerajaan Samudera Pasai dan para pendahulu lainnya. Bahasa Arab juga sangat berpengaruh Bagi budaya nusantara, karena bahasa memiliki peranan yang sangat besar bagi keragaman budaya nusantara/ selain itu Bahasa Arab juga merupakan bahasa dunia dan akhirat.

 

“Sebelum saya mengikuti seminar ini, saya beranggapan, Bahasa Arab hanya memiliki peran bagi Bangsa Arab Saja, namun setelah mengikuti seminar baru mengetahui Bahasa Arab merupakan satu kesatuan dari kebudayaan nusantara, yang tidak dapat dipisahkan dari pertama dibawa oleh para pendahulu, hingga sekarang pun bahasa arab masih menunjukan eksistensinya yang sangat berpengaruh bagi keragaman budaya nusantara” tutur peserta seminar, Lailatussyarifah.

(oleh : Juliah)

Comments