News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pekan Anak Indonesia Bersama PSGA

diposting pada tanggal 6 Sep 2017 11.15 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Para pemenang lomba mewarnai melakukan foto bersama

Pusat Studi Gender Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIN Jakarta menggelar Pekan Anak Indonesia, Rabu (6/9). Acara yang bertempat di aula student center pukul 09.00 hingga 12.00 WIB mengadakan acara lomba mewarnai anak usia tiga hingga enam tahun.

Ketua PSGA, Rahmi Purnomowati mengatakan, acara Pekan Anak Indonesia merupakan suatu program dari PSGA untuk pengembangan anak. Rahmi juga mengatakan, PSGA memiliki dua divisi yaitu gender dengan perlindungan dan pengembangan anak yang memiliki suatu program tentang anak usia nol sampai 18 tahun. Pekan Anak Indonesia sendiri merupakan program untuk usia anak tiga sampai enam tahun yang selanjutnya akan diadakan seminar tentang sinergi, pemerintah, perguruan tinggi, dan masyarakat, dalam mewujudkan Indonesia ramah anak.

Rahmi menjelaskan, universitas yang sangat identik dengan mahasiswa ternyata memiliki anak-anak disekitar kampus seperti anak karyawan, dosen, dan mahasiswa yang sudah menikah. Hal ini membuat PSGA menyediakan lahan untuk anak-anak tumbuh dan berkembang.

“Lomba mewarnai di wilayah kampus ini agar anak kecil memiliki pikiran untuk melanjutkan belajar hingga bangku perkuliahan,” katanya.

Rahmi menambahkan, peserta yang hadir sebanyak 80 orang, sedangkan yang mendaftar sebanyak 165. Ia juga mengungkapkan terdapat beberapa kendala seperti protes karena sebelumnya, acara tersebut dikhususkan untuk civitas akademika UIN Jakarta, tetapi mendapat protes dari beberapa pihak yang ingin mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala Satuan Pemeriksa Internal (SPI) UIN Jakarta, Dr. Achmad Tjachja mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai penilaian tingkat kepedulian terhadap peningkatan kualitas anak yang diadakan dalam Pekan Anak Indonesia. Kegiatan ini, bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan, perkembangan, dan pendidikan anak. Achmad berharap, kegiatan ini dapat menggugah semua lapisan masyarakat dalam membangun bangsa melalui kepedulian terhadap anak.

(Naila Fitri)

Comments