News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Peka Terhadap Lingkungan Kampus, Kuy!

diposting pada tanggal 10 Jan 2017 17.14 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Kegiatan KMPLHK dalam pembuatan lubang biopori. Credit: web resmi KMPLHK ranita

10 Januari diperingati sebagai hari gerakan 1 juta pohon dan hari lingkungan hidup Indonesia. Tak hanya peka terhadap isu sosial saja, mahasiswa pun harus peka terhadap kondisi lingkungan saat ini. Peringatan 10 Januari ini semestinya bisa menyadarkan mahasiswa, terutama terhadap lingkungan kampus sendiri. Mahasiswa bisa melakukan kegiatan sadar terhadap lingkungan mulai dari hal-hal kecil. Minimal tidak membuang sampah di kampus, maksimal bisa menerapkan sikapnya tersebut di lingkungan luar kampus. Tentunya bukan hanya tanggal 10 Januari ini saja.

Mahasiswa yang bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup dan Kemanusiaan Kembara Insani Ibnu Battutah (KMPLHK RANITA), Solehuddin mengatakan di Ranita sendiri karena fokusnya di lingkungan, pasti kegiatannya tentang lingkungan hidup. “Karena fokus Ranita di lingkungan, kegiatan yang sering kami lakukan adalah kegiatan tentang lingkungan hidup seperti seminar mengenai lingkungan, partisipasi dalam pembersihan sungai, dan lainnya,” ungkap mahasiswa yang disapa Nabe tersebut. Nabe menambahkan kegiatan lingkungan yang dilakukannya di kampus bersama Ranita untuk 2016 lalu tidak ada menanam pohon, tetapi ada beberapa kegiatan lainnya seperti pembuatan lubang biopori di beberapa tempat, one day no lift.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) konsentrasi Jurnalistik, M Badrut Tamam mengungkapkan seharusnya dengan adanya hari menanam 1 juta pohon itu bisa juga membuat mahasiswa melaksanakan penanaman pohon di kampus. “Di kampus masih kurang pepohonannya, tetapi kalau dilaksanakan penanamannya lahannya juga tidak ada,” ungkap mahasiswa semester 3 tersebut.


(oleh: Anida Najiyah Siti Solehah)
Comments