News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pelatihan Kewirausahaan untuk Enterpreneurship Muda

diposting pada tanggal 11 Mei 2017 15.49 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Umi Wahedah sedang memberi penjelasan tentang enterpreneurship

Dewan Ekskutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Hukum Ekonomi Syariah, mengadakan program pelatihan inkubasi bisnis dan kewirausahaan berbasis syariah. Acara yang bertema “Terciptanya Wirausaha Syariah yang Unggul, Handal, dan Berdaya Saing Global” telah dilaksanakan selama dua hari kebelakang dan menghadirkan narasumber yang berkompeten ketua Jaringan Muslim Indonesia Ustad Valentino Dinsi, S.E., MM., MBA dan owner 31 Unit Bisnis Umi Wahedah.

Dalam pelatihannya, Umi Wahedah mengatakan bahwa seorang mahasiswa haruslah menjadi sosial enterpreneurship muda yang mengedepankan nilai kepedulian. Kebanyakan orang saat ini memulai usaha untuk memperkaya dan mencari untung sebesar-besarnya untuk diri sendiri dan keluarganya. Sejatinya sosial enterprenuership merupakan seorang yang memiliki usaha, mengambil keuntungan yang sewajarnya, dan membagi hasil usahanya untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Umi mengaku dirinya sudah tujuh tahun menjadi sosial enterpreneurship dan juga telah mengurus Pondok Pesantren Nurul Iman seorang diri.

“Saya membuka usaha bukan untuk kehidupan saya saja, tetapi untuk menghidupi keluarga dan 15.000 murid di pesantren. Bukanlah hal mudah dalam menjalankan usaha, banyak rintangan yang harus dihadapi. Pahit manis hasil usaha merupakan hal yang biasa karena semua berawal dari hal yang kecil,” tuturnya.

Umi berharap, generasi muda saat ini lebih tertarik dalam dunia usaha dibandingkan harus menjadi pegawai karena menurut Umi, melalui usaha dapat membantu kehidupan orang lain.ia berharap semakin banyak sosial enterpreneurship sehingga dapat membantu roda perekonomian Indonesia lebih baik.

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Jurusan Agribisnis semester dua, Zulfa Fitriana mengaku sangat berkesan mengikuti pelatihan ini, karena banyak informasi yang didapat sesuai tentang wirausaha. Zulfa mengatakan, dirinya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat tentang seorang wirausaha yang seharusnya tidak hanya mencari keuntungan untuk dirinya sendiri, tetapi harus memberikan sebagian hasil usaha untuk membantu orang yang membutuhkan.

(Naila Fitri)

Comments