News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pelatihan Public Speaking Dilakukan di Taman Fdikom

diposting pada tanggal 5 Apr 2017 07.41 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Gatra Rialdy Putra saat memberikan materi public speaking

Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (Fdikom) setiap pekannya menggelar kegiatan pelatihan public speaking untuk para mahasiswa. Kegiatan yang berafiliasi dengan Litbang Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ini, dilaksanakan setiap Rabu pukul 16.00 WIB di taman Fdikom. Kegiatan pelatihan public speaking tersebut dilaksanakan pihak Dema Fdikom untuk memberikan pengetahuan dan teknik tambahan seputar public speaking, yang sebelumnya dipelajari di kelas-kelas oleh mahasiswa.

Pada kegiatan pelatihan public speaking tadi sore, terdapat pengisi acara yang memaparkan informasi-informasi tentang public speaking. Pemateri tersebut merupakan mahasiswa semester 6 Jurusan Manajemen Dakwah, Gatra Rialdy Putra. Mantan ketua HMJ Manajemen Dakwah ini membagikan pengalaman dan pengetahuannya seputar public speaking. Selain itu, Gatra juga memberikan materi kepada para peserta tentang bagaimana cara memecahkan masalah atau problem solving, terutama seputar public speaking. Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, dilakukan dengan membuat diskusi kecil. Gunanya agar para peserta dapat menangkap dan memahami materi-materi yang dipaparkan oleh Gatra. Para peserta juga mencatat hal-hal yang sekiranya penting agar teori-teori yang disampaikan tidak mudah terlupakan.

Pernyataan disampaikan oleh salah satu panitia pelaksana pelatihan public speaking, Aunillah Febrianti. Anggota Departemen Litbang HMJ KPI ini mengatakan, kegiatan tersebut sangatlah berguna apalagi bagi mahasiswa Fdikom yang sangat bergesekan dengan sesuatu yang berbau public speaking.

“Pelaksanaan pelatihan public speaking ini baru digelar sebanyak dua kali, sehingga para peserta masih belum terlalu banyak. Hal itu yang menjadi perhatian para panitia pelaksana dengan mengupayakan agar kegiatan tersebut dapat diikuti oleh lebih banyak peserta, baik dari mahasiswa Fdikom maupun dari fakultas lain. Saya berharap, semakin bergulirnya waktu dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan public speaking, mahasiswa dapat lebih terasah kemampuannya, selain itu juga peserta yang mengikuti kegiatan tersebut semakin bertambah,” tutur wanita mungil yang kerap disapa Nila.

(Fathur Alfarizi)

Comments