News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pementasan Teater Sufistik dan Imajiner Akan Digelar

diposting pada tanggal 5 Jul 2017 08.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Seni dan sastra tidak akan pernah lepas dari kehidupan manusia. Bentuk-bentuk seni dan sastra berbagai macam adanya, seperti musik, puisi, hikayat dan lain sebagainya. Salah satu dari yang lainnya tersebut ialah teater. Teater merupakan pentas pertunjukan drama atau sandiwara yang ditampilkan langsung di depan para penonton. Terkait hal tersebut, sebuah pertunjukan teater akan dilaksanakan oleh kelompok bernama Teater El-na’ma.

Teater El-na’ma yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) akan mempersembahkan lakon yang berjudul perjalanan Hang Juro II: Di Pulau Iblis. Pertunjukan tersebut merupakan karya Achmad Echo Chotib yang juga merangkap sebagai sutradara di dalam pertunjukan kali ini. Pertunjukan teater tersebut akan dilaksanakan pada 21 juli 2017 di Auditorium Gelanggang Remaja Jakarta Selatan (GRJS).

Menurut salah satu aktor dalam pementasan nanti, Idris Affandi mengatakan, teater El-na’ma sebagai grup teater independen yang berlokasi di daerah Semanggi dua atau seberang jalan Legoso. “Pementasan kali ini sangat kental dengan unsur sufistik dan imajiner, jadi sangat cocok jika disaksikan oleh mahasiswa khususnya dari UIN Jakarta walaupun sebenarnya pementasan ini dapat disaksikan secara umum,” ungkap Idris.  Untuk harga tiket masuk sendiri, terdapat dua klasifikasi harga. Untuk umum harga tiket masuknya sebesar Rp 40.000,-, sementara bagi para pelajar sekolah yang ingin menyaksikan pementasan teater cukup diberi harga Rp 25.000,- saja.

Pernyataan juga disampaikan oleh salah satu anggota HMJ PBSI Nur Siswo. Mahasiswa semester 2 itu mengatakan, sebenarnya pihak HMJ PBSI tidak terlibat langsung dalam pementasan tersebut, melainkan hanya membantu teater El-na’ma khususnya dalam publikasi kegiatan. “Adanya bantuan tersebut karena, sebelumnya HMJ PBSI menyelenggarakan pementasan teater dan mengajak teater El-na’ma sebagai partner project dan itu juga menjadi bagian silaturahmi dari kedua belah pihak,” papar Siswo. Siswo berharap, pementasan tersebut akan berjalan dengan lancar, meriah dan dapat menjalin hubungan kerjasama seterusnya.

Fathur alfarizi

Comments