News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pendaftaran Jalur SPMB Mandiri UIN Jakarta

diposting pada tanggal 7 Mei 2017 08.30 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru UIN Jakarta telah berlangsung dari tanggal 10 april hingga tanggal 2 juni mendatang. Jalur mandiri di UIN Jakarta dinamakan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB), yang pendaftarnya dari sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Setelah pendafaran, dilanjutkan dengan ujian tertulis yang bertempat di UIN Jakarta pada tanggal 10 dan 11 juni. Panitia pelaksanaan jalur SPMB sendiri, ialah dari pihak akademik UIN yang dibantu oleh bagian hubungan masyarakat yang bertempat di pusat informasi. Jalur SPMB memiliki tujuan untuk menyeleksi pengetahuan terkait agama maupun pengetahuan umum, untuk mengikuti jenjang perkuliahan lebih lanjut di uin Jakarta.

Salah satu staf bagian hubungan masyarakat, Eva mengungkapkan, sudah ribuan peserrta SPMB yang telah mendaftar secara online dan semua prodi yang ada di UIN Jakarta merata peminatnya di kalangan umum, sehingga tak terjadi penumpukan peserta yang tidak berarti di salah satu program studi. “Hanya terjadi sedikit kendala dalam perihal kurangnya akses peserta dalam mengolah data secara online, ini disebabkan terdapat lumayan banyak orang desa yang aksesnya masih terbatas,” sambung Eva. Eva meneruskan, kendala lain ialah peserta yang telah mendaftar mengalami kesulitan untuk hadir dalam mengikuti tes ujian tertulis karena kehabisan tiket dan ini selalu terjadi setiap tahunnya.

Salah satu pendaftar SPMB UIN Jakarta, Annisa Auliya Rahmah menuturkan, pilihannya dalam program studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) yang saingannya juga terbilang cukup banyak. “Saya hanya bisa berharap agar tak terjadi kecurangan dalam hal pengerjaan soal dan panitia pun bertindak tegas dan terbuka untuk lebih bersosialisasi terkait SPMB ini,” ungkap Annisa.

Radhina Rifa Muthiah

Comments