News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pengaruh Neoliberalisme Terhadap Keadaan Umat

diposting pada tanggal 20 Mei 2017 19.53 oleh Radio RDK UIN Jakarta

 

Penyerahan cinderamata secara simbolis kepada Muhammad Fadhillah Azka

Divisi Syiar dan Keilmuan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Komisariat Dakwah (Komda) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) telah menyelenggarakan kajian yang bertema “Pengaruh Neoliberalisme Terhadap Keadaan Umat”, Kamis (18/5). Bertempat di masjid Fisip, acara ini berlangsung dari pukul 16.00 hingga 17.30 WIB dengan pembicara Muhammad Fadhilah Azka.

Muhammad Fadhilah Azka mengatakan, dewasa ini Indonesia dan umat Islam sedang mengalami keterpurukan ekonomi, social, pendidikan, dan ideology. Umat sekarang ini dipaksa patuh oleh tatanan penjajahan baru yaitu neoliberalisme. Secara empiris, sistem ini telah membuat negara-negara yang biasa disebut dengan negara ketiga menjadi terpuruk dan tidak bisa berkembang lantaran banyak intervensi dari negara-negara kapitalis. Fadhilah menambahkan, perlunya mengetahui sejauh mana subtansi yang berbahaya.

Ketua Hubungan Masyarakat, Nursapitri menuturkan bahwa LDK memang perlu mengadakan sebuah kajian yang membahas mengenai tema kali ini. Pengaruh akan hadirnya golongan-golongan yang ingin menghancurkan Islam perlu diketahui masyarakat dan adanya tindakan pencegahan. “Semoga sikap berhati-hati selalu ada diri setiap orang untuk menghadapi pengaruh globalisasi yang saat ini maupun akan dating,” harap Nursapitri.

(Radhina)

Comments