News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi

diposting pada tanggal 7 Sep 2017 08.30 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Kebersihan dan kesehatan gigi merupakan hal yang penting untuk dijaga dan di rawat, dari rentang usia anak anak hingga dewasa, karena jika tidak dirawat bisa mengganggu kesehatan tubuh lainnya. Gigi merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada tubuh manusia. Jika bermasalah seperti sakit gigi, maka akan mengalami kesulitan berbicara dan menyebabkan makan menjadi terganggu.

Dokter gigi Klinik Anindita Sawangan Depok, Dr. Dea mengatakan bahwa sangat penting menjaga kebersihan dan kesehatan gigi karena gigi adalah infeksi utama dari semua penyakit. Jika tidak rajin membersihan dan menjaga kebersihan gigi, nantinya akan banyak penyakit yang hinggap di tubuh.

“Apalagi gigi yang berlubang sampai infeksi, cepat sekali menyebar kemana mana jika tidak ditangani sedini mungkin. Nantinya bisa lari ke jantung, otak,  dan itu sangat fatal. Apalagi kalau infeksinya sudah bengkak, lama lama bisa terjadi tumor, kista, dan ini lebih parah lagi. Mau tidak mau kita harus punya kesadaran diri akan kebersihan dan kesehatan gigi kita,” terang Dr. Dea.

Dirinya menambahkan, menjaga kebersihan gigi bisa dengan mengonsumsi air putih yang banyak, mengurangi makanan yang manis, dan makanan yang mengandung asam. Hal ini agar air liur tetap terjaga dan gigi tetap bersih. Dr. Dea berpesan, usahakan rutin pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Bagi orang yang suka merokok, mengonsumsi kopi dan teh setiap hari harus rutin ke dokter setiap tiga bulan sekali.Ia menuturkan, maksimal sikat gigi yaitu dua kali sehari sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur.

“Habis makan sebaiknya kumur-kumur atau minum air putih yang banyak agar sisa makanan tidak menempel di gigi dan gusi. Rajinlah menggosok gigi, mengonsumsi air putih yang banyak, jangan makan dan minum yang terlalu panas, atau makan dari dingin ke panas dan panas ke dingin. Jika itu kita lakukan apalagi setiap hari, nantinya gigi akan keropos dan lama lama berlubang,” paparnya.

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) jurusan Sastra Arab, Faizah Nurhalizah Azzahra menuturkan, kesadaran akan menjaga kebersihan dan kesehatan sangat penting mengingat gigi merupakan anggota mulut yang digunakan ketika berinteraksi. Faizah berharap sebaiknya masyarakat tidak menyepelekan akan kesebersihan dan kesehatan gigi.

(Seli Nursolihat)

Comments