News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Perdalam Pengetahuan Sastra Bersama HMJ PBSI

diposting pada tanggal 18 Feb 2017 09.14 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Salah satu postingan kuis HMJ PBSI

Himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) baru-baru ini mengadakan kuis di laman akun media sosial instagram dan twitter @hmjpbsi_uinjkt. Kuis yang mengusung tema sastra ini merupakan upaya dan inisiatif dari departemen komunikasi dan informasi (Kominfo) untuk meramaikan media sosial yang dimiliki HMJ PBSI dengan menarik perhatian para followers melalui kuis tersebut. Masing-masing pemenang kuis nantinya akan mendapat buku sebagai hadiah. Kuis yang sudah berjalan selama satu bulan ini masih terus berlanjut sampai sekarang.

Ketua departemen kominfo, Chusnul khotimah mengungkapkan, alasan departemennya berinisiatif untuk melangsungkan kuis di media sosial karena ingin membuat HMJ PBSI lebih dikenal lagi eksistensinya. “Selain untuk meningkatkan eksistensi kuis tersebut membuat sedikit perubahan pada media sosial HMJ PBSI agar tidak monoton,” tutur Chusnul. Chusnul mengaku, bahwa kuis di media sosial ini baru ada di periode kepengurusan saat ini. “walaupun kuis ini baru ada sekarang respon yang datang dari mahasiswa PBSI sendiri sudah cukup baik, terlihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi di tiap kuisnya yang selalu mengalami peningkatan meski tidak signifikan,” sambung Chusnul.

Perihal kendala Chusnul sendiri tak memungkirinya. “Awal berjalannya kuis ini kendala yang dihadapi yaitu permasalahan respon peserta yang berpartisipasi tidak seimbang,” Ungkap mahasiswa semester 6 tersebut. Mengingat respon peserta di twitter jauh lebih baik daripada yang berpartisipasi di instagram, seiring berjalannya waktu peserta yang bergabung terus mengalami penambahan. Chusnul berharap, agar kuis ini dapat diteruskan di periode-periode selanjutnya sebagai wadah untuk berkarya khususnya bagi mahasiswa PBSI dan umumnya bagi mahasiswa UIN.

Respon yang baik juga datang dari mahasiswi PBSI semester dua, Nahtadia Sodrina. Menurutnya dengan adanya kuis ini dapat membantu mahasiswa dalam hal ilmu pengetahuan khususnya mahasiswa PBSI. “Semoga nantinya dari kuis ini dapat menimbulkan rasa cinta terhadap sastra Indonesia di kalangan mahasiswa,” harap perempuan yang kerap disapa Nana tersebut.

(Faizah Fitriah)

Comments