News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Peringati Milad Tarjamah Ke-20, HMJ Tarjamah Adakan Perlombaan

diposting pada tanggal 20 Apr 2017 23.35 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Jurusan Tarjamah adalah salah satu jurusan di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta. Keberadaan jurusan tersebut telah berlangsung selama dua dekade lamanya, sehingga dinilai telah memiliki pengalaman. Menginjak tahun ke-20, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tarjamah memperingatinya dengan mengadakan acara bernama Musabaqoh Tarjamah. Kegiatan tersebut bertajuk milad tarjamah ke-20 sebagai ajang berkarya, berinovasi dan mendunia. Dalam kegiatan tersebut, akan diselenggarakan berbagai perlombaan seperti kaligrafi, pidato dua bahasa dan lomba membaca Qur’an. Perlombaan tersebut akan dilangsungkan di gedung baru FAH pada tanggal 27 April mendatang.

Ketua pelaksana Musabaqoh Tarjamah, Rizki mengatakan, acara milad tarjamah ke-20 ini nantinya tidak hanya diisi dengan lomba saja, namun mengadakan karnaval keliling juga. Ajang perlombaan pun sudah bertaraf nasional dan dapat diikuti oleh tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat dan bisa juga untuk masyarakat umum. “Untuk pendaftaran para calon peserta sebenarnya sudah dibuka sejak tanggal 10 Maret dan akan ditutup pada 23 April mendatang,” ungkap Rizki. Rizki menambahkan, biaya untuk pendaftaran perlombaan musabaqoh tarjamah itu sekitar 60 ribu hingga 65 ribu rupiah. “Harga tersebut relatif dan lumrah bagi perlombaan bertaraf nasional,” tambah Rizki. Rizki mengungkapkan, nantinya para peserta yang juara di dalam perlombaan akan mendapatkan hadiah seperti uang pembinaan, piala dan juga piagam penghargaan. Saat ditanya mengenai acara milad tahun ini dan tahun sebelumnya, Rizki menuturkan, isinya tidak jauh berbeda dengan acara milad tahun kemarin, hanya saja untuk tahun ini lebih difokuskan ke perlombaan.

Senada dengan ucapan ketua pelaksana, salah satu mahasiswa semester 2 jurusan tarjamah, Vikar Syaiful Islam mengatakan, dirinya sangat berantusias dengan acara milad tersebut apalagi memiliki beberapa macam perlombaan. “Perlombaan yang diadakan oleh HMJ Tarjamah ini akan mendorong minat mahasiswa khususnya jurusan tarjamah untuk berpartisipasi,” tutur Vikar. Vikar mengungkapkan dirinya yang baru saja semester 2 pastinya akan berpartisipasi di dalam kegiatan tersebut. Vikar berharap, dalam penyelenggaraan lomba nanti akan disambut meriah dan tidak terdapat kendala yang berarti.

Fathur Alfarizi

Comments