News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

SKPI Sebagai Syarat Lulus Mahasiswa, Pekraf Adakan “Pelatihan Zaman Now”

diposting pada tanggal 20 Feb 2018 10.19 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Seminar dihadiri oleh Kemenakertrans dan Direktur LSPM SDM Ir. Sanggam Purba

Pusat Ekonomi Kreatif (Pekraf) UIN Jakarta bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Produktifitas Indonesia (PPPI), telah mengadakan kegiatan bertajuk “Pelatihan Zaman Nowdengan tema meningkatkan kompetensi mahasiswa dan pengembangan wirausaha produktif, Selasa (20/2). Acara ini diadakan di Aula Student Center (SC) UIN Jakarta, dimulai pukul 9.00 hingga 15.00 WIB.

Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Kemenakertrans) sekaligus Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen (LSPM)  Sumber Daya Masyarakat (SDM), Ir. Sanggam Purba M.M yang menjadi pembicara, menjelaskan dalam pemaparannya, inti dari kegiatan ini adalah, produktifitas dan kompetensi, di mana produktifitas adalah sikap mental yang selalu menginginkan perubahan ke arah yang lebih baik dari waktu ke waktunya. “Kompetensi adalah perpaduan dari tiga unsur yaitu knowledge, skill dan attitude dalam diri seseorang, yang bilamana sudah terpenuhi ketiganya, akan disebut kompeten dan bisa melakukan uji kompetensi untuk mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang diberikan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BSNP),” jelasnya.

Customer service (CS) Pekraf, Ratna Evania Fitriyani mengatakan, inti dari seminar ini adalah mengajak mahasiswa agar lebih concern terhadap kewirausahaan, serta membuat mahasiswa lebih menyadari pentingnya SKPI, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) rektor di mana mahasiswa harus memiliki SKPI sebagai salah satu syarat kelulusan. “Selain membahas tentang kewirausahaan, seminar ini juga mengadakan sosialisasi mengenai cara mendapatkan SKPI di mana surat tersebut bertaraf nasional yang didapatkan dari BSNP yang nantinya akan terasa penting saat mahasiswa mencari pekerjaan,” kata Ratna.

(Galuh Alisha)

Comments