News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Teater Syahid Siap Langsungkan Studi Pertunjukan 2018

diposting pada tanggal 22 Feb 2018 12.03 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Menyambut awal Maret 2018, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Syahid akan mementaskan sebuah lakon berjudul “Geer”. Lakon ini diambil dari naskah drama karya Dramawan Putu Wijaya. Lakon yang akan dipentaskan dari Kamis (5/3) – Minngu (8/3) ini bertempat di Aula Madya UIN Jakarta, dimulai pukul 19.30 WIB.

Sutradara pentas “Geer”, Aseng Komaruddin memaparkan, tema ini diambil dari apa yang akan dirasa dan dilihat oleh penonton setelah melihat pertunjukan nanti. Drama “Geer” merupakan bagian dari salah satu rangkaian proses dalam penerimaan anggota baru Teater Syahid, yang sebelumnya telah melalui proses materi kelas, materi outdoor, dan terakhir studi pertunjukan. Dalam pertunjukan ini diharapkan anggota baru lebih mengenal dunia ke-Teateran dan banyak hal mengenai seni teater. “Dalam pertunjukan ini tidak hanya anggota baru yang tampil, tetapi ada juga anggota lama juga ikut dilibatkan untuk mengimbangi, mengingat tidak ada jarak antara anggota baru dan lama,” ujarnya. Aseng berharap untuk anggota baru untuk bisa lebih bersemangat dan mampu mengikuti proses penerimaan yang ada.

Pemeran lakon “Geer”, Annisa Nur Sintiya mengungkapkan, “Geer” adalah sebuah lakon pementasan yang menceritakan masalah kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia. Dalam lakon ini, Annisa berperan sebagai anak kedua yang memiliki sifat pemalu dan menyayangi ayahnya yang merupakan pemeran utama pada lakon tersebut. Acara yang merupakan kegiatan tahunan ini disambut antusias oleh anggota baru teater syahid. “Dengan adanya studi pertunjukan ini dapat menambah pengalaman, mengetahui skill dan berani untuk tampil di depan umum, karena sebelum pertunjukan ini anggota teater sudah dilatih olah tubuh dan senam muka yang dapat membantu dalam pertunjukan,” tuturnya. Terkait kendala yang dirinya alami adalah kesulitan menghafal teks dialog dan kurangnya penghayatan. Annisa berharap, dengan adanya pertunjukan ini dapat memepererat silaturahmi antar anggota, bisa mementaskan drama teater yang baik, tampil maksimal dan tidak mengecewakan penonton.

(Syifa Kaltsum)

Comments