News‎ > ‎Berita Kampus‎ > ‎

Torehkan Prestasi, KMPLHK Ranita Juarai Lomba dari Basarnas

diposting pada tanggal 21 Feb 2018 12.09 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Perwakilan oleh HMJ Perbankan Syariah sedang berfoto

Mahasiswa UIN Jakarta kembali menorehkan prestasi. Kali ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kelompok Mahasiswa Pecinta Lingkungan Hidup (KMPLHK) Kembara Insani Ibnu Batuttah/ (Ranita) yang memperoleh Juara I Lintas Alam Potensi Search and Rescue (SAR) yang ke-1. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun Badan SAR Nasional (Basarnas) yang diadakan di Bandung, berikut perwakilan yang mengikuti lomba lintas alam tersebut yaitu, Mustazky Goel Ishom, Mujahidin Lukindo, Muhammad Mase Muhsi Siddiq dan Hanisah Temka Hanayati.

Perwakilan KMPLHK Ranita yang mengikuti kegiatan tersebut, Hanisah Temka Hanayati menceritakan, rangkaian acara sendiri diawali dengan acara donor darah dan dilanjutkan dengan lomba lintas alam. Pada lomba lintas alam sendir, peserta diharuskan untuk berlangkah cepat untuk sampai ke finish dengan waktu tercepat. Perempuan yang akrab disapa Temka juga menjelaskan, track lintasnya sendiri seperti  jalur ladang dan juga seperti lintasan yan biasa di pakai mobil offroad dan motor traill. “Kegiatan ini diikuti kurang lebih 58 kelompok yang berasal dari Jawa Barat (Jabar), DKI Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Temka mengungkapkan, untuk kendala sendiri terjadi saat jalur yang menanjak dan juga banyak sekali kelompok lain yang tersasar, hal ini disebabkan karena petunjuk arah yang masih kurang dan juga samar di pohon pinus. Temka menjelaskan untuk track sendiri panjangnya kurang lebih 11 kilometer dan UKM ini mampu menyelesaikan track tersebut dengan waktu 2 jam 18 menit. Temka menceritakan, posisi kelompoknya untuk mengikuti kegiatan ini dalam keadaan keuangan yang seadanya, karena di antara empat orang dari kelompoknya, hanya dua orang saja yang membawa persiapan uang. “Oleh sebab itu ada motivasi tersendiri dari kelompok kami untuk membawa pulang podium, karena selain mendapat piala, yang mendapat nominasi juara juga berhak mendapatkan uang pembinaan,” kata Temka.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS), Khoiritunnisa menuturkan, dirinya sangat senang dengan berita tersebut, karena semakin banyak lagi mahasiswa yang mampu membanggakan UIN Jakarta. “Apalagi di sini UKM Ranita mendapatkan juara I dan diadakan oleh Basarnas. Perempuan ini berharap, agar tidak hanya dari KMPLHK Ranita saja, tetapi dari kelompok-kelompok mahasiswa lain atau UKM lainnya. “Ini sebagai motivasi untuk semuanya untuk mengejar prestasi, karena prestasi bisa didapat bukan hanya di internal kampus, melainkan juga di luar kampus,” imbuhnya.

(Anggara Purissta)

Comments