News‎ > ‎Berita Nasional‎ > ‎

Hiu Tutul Huni Perairan Laut Utara Probolinggo, Menteri Susi Tinjau Lokasi

diposting pada tanggal 18 Feb 2018 09.49 oleh Radio RDK UIN Jakarta

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kembali menghebohkan warganet, Rabu (14/2). Hal ini sebab saat Menteri Susi berkunjung ke perairan laut utara Probolinggo, ia berani untuk berenang bersama hiu tutul. Hal ini dilakukan karena Menteri Susi tertarik untuk mengamati dan mengetahui kondisi hiu tutul dari dekat. Dengan menggunakan kapal milik Direktorat Jendral (Dirjen) Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Menteri Susi berhasil menuju ke perairan Gili Ketapang untuk melihat kondisi di perairan itu.

Dilansir dari Travel.tempo.co, Menteri Susi menjelaskan, kadar air dan kondisi laut perairan utara Probolinggo sangat bagus, sehingga memebuat batah hiu tutul atau whale shark berenang di laut Probolinggo. Aksi nekatnya saat turun dari kano dan berenang di sekitar hiu tutul, sempat membuat petugas keamanan terpadu Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) dan Polisi Perairan Polisi Resor Kota (Polresta) Probolinggo, kebingungan dan khawatir akan kondisi dari menteri yang terkenal dengan slogan “Tenggelamkan” itu. Sejak Desember 2017 hingga Februari 2018, hiu tutul berimigrasi dari Selat Australia yang mengalami cuaca ekstrem ke perairan Kota Probolinggo, sehingga masyarakat bisa menyaksikan hiu tutul di sepanjang perairan laut utara Probolinggo. Setelah melihat hiu tutul, Menteri Susi juga sempat berdialog dengan para nelayan yang tengah melakukan bongkar muat ikan di pelabuhan. “Nelayan harus lebih bersikap bijaksana dalam menangkap ikan. Jangan menangkap ikan yang masih kecil, agar sumber daya ikan dapat terus berkelanjutan,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), jurusan Pendidikan Biologi, semester dua, Azizah Nur Shobiroh mengungkapkan, Menteri Susi adalah pribadi yang nyentrik. Apalagi dengan aksinya datang langsung ke perairan laut utara di Probolinggo dan berenang bersama hiu tutul. Menurut mahasiswa yang berasal dari Garut ini, keadaan yang cukup langka untuk hiu tutul bermigrasi dan pasti sangat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjungi pantai utara Probolinggo. “Kondisi pantai di sana yang sangat bersih  ditandai dengan banyaknya plankton dan ini memebuat hiu-hiu tutul  betah di pantai tersebut. Meski Menteri Susi masih memiliki sedikit kekhawatiran tentang pengelolaan pantai serta sumber daya di pantai tersebut. Oleh sebab itu, ia mengingatkan nelayan untuk memanfaatkan sumber daya dengan mengambil ikan yang ukurannya besar dan sudah dewasa, agar ikan-ikan yang berukuran kecil dan masih berumur muda, dapat tetap lestari dan berkembang biak dengan baik serta hidup berkelanjutan,” jelasnya. Dirinya berharap agar pantai-pantai di Indonesia, khususnya perairan laut utara Probolinggo bisa dikelola dan dijaga kelestariannya dengan baik.

(Alya Safira)

Comments