News‎ > ‎Berita Nasional‎ > ‎

Polisi Imbau Kembali, Belok Kiri Langsung Tidak Berlaku Lagi

diposting pada tanggal 28 Jan 2018 08.00 oleh Radio RDK UIN Jakarta
Papan imbauan yang dibuat terkait adanya peraturan baru - (source instagram @divisihumaspolri)

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali mengimbau masyarakat tentang peraturan belok kiri langsung sudah tidak berlaku lagi, terhitung sejak 24 Januari 2018.  Imbauan ini disebarkan lewat akun instagram @divisihumaspolri. Polri berharap agar masyarakat bisa mematuhi perturan yang ada, karena banyak dari pengendara bermotor yang langsung belok kiri ketika ada di persimpangan jalan.

Dalam unggahannya, pihak Polri mengatakan, sekarang belok kiri langsung sudah tidak berlaku lagi bagi pengendara motor atau mobil. Mulai sekarang, tidak langsung belok kiri ketika melewati persimpangan jalan, untuk itu perlu melihat terlebih dahulu ada rambu atau imbauan untuk langsung atau harus berhenti menungu lampu hijau menyala. Regulasi ini  diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia (RI)  Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai Pasal 112 Ayat 3 yang berbunyi, pada persimpangan jalan yang dilengkapi alat pemindai isyrat lalu lintas, pengemudi kendaraan dilarang langsung belok kiri, kecuali ditentukan oleh rambu lalu lintas atau alat pemberi isyarat lalu lintas. Dalam postingan tersebut juga dijelaskan, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 Ayat 3 yang berbunyi, pengemudi dapat langsung belok kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri. Polri menegaskan peraturan tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), jurusan Ekonomi Pembangunan (EP) semester satu, Mohammed Pratama Zamorano mengatakan, peraturan ini mungkin bisa menghemat waktu pengendara ke tempat tujuan. Menurutnya peraturan ini juga bisa menertibkan lalu lintas karena ketika berada di persimpangan jalan, maka tidak bisa langsung belok kiri, melainkan harus mengikuti rambu-rambu lalu lintas yang ada. “Semoga kepolisian dapat mengatur dan mengurai keadaan di jalan raya, sehingga dapat mengurangi jumlah kecelakaan. Saya juga berharap agar peraturan ini dijalankan secara efisien dan profesional,” ujarnya.

(Alya Safira Azizah)

Comments